Kepala Imigrasi Bandara Soetta, Dimutasi Ada Apa?

by -274 views

Tangerang Transparansi Indonesia.co.id-Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia merotasi beberapa pejabat eselon di jajaran Direktorat Keimigrasian.

Kepala Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandara Soekarno-Hatta Saffar Muhammad Godam dimutasi menjadi Kepala Divisi Keimigrasian Sumatera Selatan.

“Dilantik bersamaan dengan pelantikan Sri Puguh Budi Utami sebagai Kabalitbangham kemarin,” ujar Kasub Humas Kemenkumham, Fitriadi Agung Prabowo, kepada wartawan, Kamis (5/3/2020).

Fitriadi menyatakan proses mutasi dan rotasi merupakan hal yang wajar dalam tubuh kementerian. Menurut dia, hal itu sebagai bentuk penyegaran organisasi.

Ketika disinggung mengenai lolosnya tersangka KPK, Harun Masiku, dari Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta, Dedet mengklaim kejadian itu tak terkait dengan perpindahan Saffar Mohammad Godam.

Baca juga:  Kapolri; "Tindakan Tegas Akan Diberikan Bagi Preman yang Coba Lakukan Sweeping Jelang Natal dan Tahun Baru"

“Enggaklah [terkait Harun Masiku], hal biasa,” kata Fitriadi.

Fitriadi berujar, Menkumham Yasonna H. Laoly merotasi, memutasi dan melantik 52 pejabat baru Kemenkumham yang terdiri dari eselon I, IIA dan IIB, termasuk Ronny Sompie.

Yasonna telah melantik Ronny Franky Sompie sebagai Analis Keimigrasian Ahli Utama. Ronny dilantik bersama dengan tiga orang lainnya.

Ronny diketahui pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham. Ia dicopot Yasonna menindaklanjuti lolosnya Harun Masiku di perlintasan keimigrasian Bandara Soekarno Hatta pada awal tahun lalu.

“Ronny F. Sompie, Alif Suaidi, Ramli HS dan Yudanus Dekiwanto, keempatnya sebagai Analis Keimigrasian Ahli Utama,” demikian dilansir dari situs kemenkumham.go.id.

Baca juga:  Swiss Akan Berikan Data Rekening WNI ke DJP Kemenkeu RI

Yasonna mengungkapkan pelantikan tersebut merupakan momen untuk mendorong suksesnya mekanisme penyelenggaraan pemerintah yang berorientasi pada pelayanan publik dalam kerangka revolusi mental, serta kepastian dan penegakan hukum.

“Tantangan di bidang keimigrasian maupun di bidang pemasyarakatan akan semakin berat ke depannya,” kata dia.

Selain itu, Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham, Sri Puguh Budi Utami, juga terkena mutasi. Posisi Sri bergeser menjadi Kepala Bagian Penelitian dan Pengembangan Kemenkumham (Balitbang).

“Total 52 orang, tapi nanti kan, ini masih gelombang pertama, gelombang berikutnya nanti kita lihat,” ujar Yasonna beberapa waktu lalu.

MI