Dibuka Langsung Presiden Jokowi, GSVL Hadiri Munas Apeksi

by -10 views
Manado, transparansiindonesia.co.id – Walikota dua periode Manado, DR Ir Godbless Sofcar Vicky Lumentut SH MSi DEA (GSVL), Pagi tadi menghadiri musyawarah nasional (Munas), Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) ke VI.
Munas ini dibuka langsung oleh Presiden RI, Ir Joko Widodo di Istana Negara.
Di Munas ini, GSVL secara resmi melepas jabatan sebagai Ketua Dewan Pengawas (Kadenwas) Apeksi periode 2016-2021.
 
Walikota GSVL mengatakan dalam pengarahannya Presiden memberikan perintah kepada seluruh walikota se-Indonesia untuk bekerja keras dan fokus dalam upaya menghentikan penularan Covid 19.
“Bapak Presiden secara khusus meminta, pertama seluruh walikota melakukan sosialisasi dan edukasi kepada rakyat agar disiplin menjalankan protokol kesehatan, dan menerapkan lockdown secara mikro di tingkat kelurahan, lingkungan, RT maupun RW.  Nanti dalam pelaksanaan dibantu oleh jajaran TNI/Polri, guna memastikan masyarakat tidak melanggar Prokes, khususnya memakai masker saat berada di luar rumah,” ucap GSVL merujuk pada penyampaian Presiden.
Kedua, seperti disampaikan GSVL, Presiden menyampaikan pelaksanaan vaksin terus dilanjutkan dan disediakan pemerintah, dan Pemda menyedikan vaksinator, selanjutnya agar vaksinasi tepat sasaran harus ada manajemen pelaksanaan vaksinasi.
Yakni dengan merencanakan vaksin per klaster, khususnya di lokasi keramaian seperti pasar dan pusat perbelanjaan dan lainnya.
“Ketiga. Bapak Presiden juga memerintahkan agar bantuan Sembako tetap dilaksanakan. Keempat, disampaikan Presiden agar ketahanan ekonomi terjaga pemerintah kota memperbanyak kegiatan padat karya. Semisal pembangunan jalan, saluran air dan rehabilitasi gedung, serta lainnya. Terima kasih atas arahan dan perintah pak Presiden, nanti akan segera ditindaklanjuti,” ucap Vicky Lumentut.
Sementara itu, dalam Munas ini. Sesuai dengan aturan organisasi bahwa jabatan pengurus Apeksi hanya satu periode, maka GSVL secara resmi melepas jabatan sebagai Kadenwas Apeksi yang sudah diembannya sejak 2016.
GSVL yang juga pernah dipercaya sebagai Ketua Apeksi, diganti oleh Walikota Tangsel Hj Airin Rachmi Diany. Sedangkan Ketua Apeksi periode 2021-2024, dipercayakan kepada DR Arya Bima S, yang juga menjabat Walikota Bogor.
Dalam kesempatan ini, GSVL dipuji seluruh Walikota yang bernaung dalam Apeksi. Atas kesuksesannya memberikan arahan dan masukan, serta tugas utama pengawasan selama menjabat Kadenwas Apeksi.
GSVL sendiri berterima kasih, serta mengucapkan selamat atas terpilihnya kepengurusan baru. Dia berharap Apeksi akan terus berkembang dan menjadi penggerak utama dalam pembangunan kota di Indonesia.
“Saya mengucapkan terima kasih kepada kawan-kawan Walikota. Yang sudah mempercayakan jabatan Kadenwas Apeksi periode 2016-2021. Selamat bertugas kepada kawan-kawan pengurus Apeksi yang baru. Kiranya tujuan kita untuk membangun kota demi Indonesia lebih baik bisa terwujud. Salam sehat dan salam rukub untuk kita semua,” ujar Vicky Lumentut.
(red)***
Baca juga:  GSVL-Mor Hadiri Rapat Paripurna DPRD Kota Manado