Pemdes Tambelang Salurkan BLT-DD, Mokalu Ajak Pergunakan Sesuai Kebutuhan

by -134 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id — Pemerintah Desa Tambelang Kecamatan Maesaan, dalam upaya pemulihan ekonomi ditengah pandemi Covid-19 saat ini, menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kepada para Keluarga Penerima Manfaat yang ada di Desa Tambelang.

Sebagaimana hasil musyawarah desa penetapan keluarga penerima manfaat dana desa, bersama BPD, jajaran pemerintah desa tokoh masyarakat dan tokoh agama serta tokoh pemuda, maka disepakati bersama untuk penerima BLT-DD ditahun 2021 ini untuk desa Tambelang berjumlah 130 KPM, yang kemudian dituangkan dalam peraturan kepala desa (Perkades) tentang keluarga penerima manfaat BLT-DD Tambelang tahun 2021.

Penyaluran BLT-DD oleh Pemerintah Desa Tambelang kepada para KPM BLT-DD di Desa Tambelang dilaksanakan pada Jumat, 30 April 2021 di disaksikan oleh unsur Forkopimca Maesaan, Camat Meyti Pangau SPd, Kapolsek Tompasobaru Iptu Jefry Mailensun, Danramil 1302-18 Tompasobaru Letda.Inf Adri Kandowangko, BPD serta para jajaran perangkat desa.

Baca juga:  130 KPM Desa Tambelang Terima BLT-DD Bulan ke-2

HukumTua Desa Tambelang Jendry Mokalu mengatakan bahwa untuk penyaluran BLT-DD, disalurkan untuk bulan pertama atau bulan januari, dimana usai penyaluran bulan pertama langsung dibuatkan laporan Pertanggung-jawaban penyaluran, untuk selanjutnya pencairan dana BLT-DD bulan ke-dua.

Adapun besaran dana yang diterima oleh para KPM BLT-DD, adalah sebesar Rp.300.000 setiap KPM dan akan diberikan selama 12 bulan.

Kepada KPM BLT-DD, Jendry Mokalu mengingatkan agar bantuan uang tunai tersebut, dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, digunakan sesuai kebutuhan bukan sesuai keinginan, karena saat ini BLT-DD dimaksudkan dalam rangka pemulihan ekonomi ditengah pandemi.

Baca juga:  Bersama FDW-PYR, Plh Bupati Minsel Hadiri Ibadah Syukur OD-SK

“Saya mengajak kepada para keluarga penerima manfaat bantuan langsung tunai dana desa, untuk dapat memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya, pergunakan sesuai dengan kebutuhan, dalam upaya pemulihan ekonomi keluarga ditengah pandemi saat ini,” kata HukumTua Jendry Mokalu.

Ditambahkan HukumTua Jendry Mokalu bahwa selain terserap untuk BLT-DD, anggaran Dana Desa Tambelang ditahun 2021, juga dianggarkan untuk beberapa kegiatan salah satunya pembangunan fisik atau infrastruktur desa.

Adapun Pagu Dandes Tambelang ditahun anggaran 2021 ini, sebagaimana disampaikan oleh HukumTua Jendry Mokalu berjumlah Rp.953.224.000. (Hengly)*