Pasca Pertemuan Dengan Presiden,Pemkab Rohul Usulkan Alkes dan Ambulan untuk Rumah Sakit Rujukan Covid-19

by -10 views

Pasca Pertemuan Dengan Presiden,Pemkab Rohul Usulkan Alkes dan Ambulan untuk Rumah Sakit Rujukan Covid-19

Rokan Hulu, Riau Transparansiindobesia.co.id Kasus Penularan Covid-19 di Provinsi Riau khususnya Kota Pekanbaru dan Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mendapat sorotan dari Presiden Joko Widodo dan menaruh perhatian khusus terhadap penanganan Covid-19 di Provinsi Riau, disela Monitoring Evaluasi Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 dan Survey Tol di Pekanbaru, Rabu (19/5/2021) lalu,

Presiden Jokowi didampingi Menteri Kesehatan melakukan pertemuan dengan Gubernur dan Forkompinda Riau, Walikota Pekanbaru termasuk Plh Bupati Rokan Hulu H. Abdul Haris S.Sos M.Si.

Untuk mempercepat penanganan Covid-19 di Riau, Presiden Jokowi memerintahkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk mencatat kebutuhan Alat Kesehatan untuk Rumah Sakit Rujukan Penangangan Covid-19.

Baca juga:  Kakan Kemenag Kampar : Usaha Tidak Akan Menghianati Hasil

Pasca pertemuan dengan Presiden, Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu melalui Dinas Kesehatan Rohul telah mengusulkan permintaan Alat Kesehatan untuk RS Rujukan Covid-19.

Surat Permintaan Alkes dengan Nomor : 440/Dinkes-Yankes/962 yang ditujukan ke Menkes c/q Ditjen Pelayanan Kesehatan, Surat permintaan Alkes tersebut telah diteken Plh Bupati Rohul H. Abdul Haris S.Sos. M.Si, Sabtu (22/5/2021) usai menggelar Rakor Penanganan Covid-19 bersama Forkompinda, Camat dan Kapus.

“Atas Instruksi Presiden melalui Menkes, kita telah mengusulkan beberapa alat kesehatan untuk kebutuhan ruangan isolasi Rumah Sakit (RS) Rujukan Penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Rokan Hulu,” kata Haris

“Alat kesehatan yang dibutuhkan di RS Rujukan Covid-19 di Rohul seperti High Flow Nasal Cannula (HFNC), Ventilator, Oksigen Konsentrator dan Ambulan Emergency.

Baca juga:  Bupati H.Zukri Buka Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD Tahun 2021-2026

“Jadi rincian kebutuhan RS rujukan Covid-19 seperti RS Awal Bros Ujung Batu, membutuhkan HFNC 1 unit, Ventilator 3 unit dan Oksigen Consentrator 2 unit. Kemudian Kebutuhan RS Surya Insani HFNC 1 unit, Ventilator 1 unit dan Oksigen Consentrator 2 unit.

Sementara itu, RS Az-Zahra membutuhkan alat kesehatan berupa HFNC 1 unit, Ventilator 1 unit dan Oksigen Consentrator 2 unit.

RSUD Rohul HFNC 2 unit, Ventilator 1 unit dan Oksigen Consentrator 4 unit, Ambulans Emergency 1 unit serta untuk Public Ssafety Center (PSC) 119 membutuhkan Ambulans Emergency 1 unit.

PLH Bupati Rohul berharap dari usulan alat kesehatan untuk penanganan Covid-19 bisa direalisasi dan di akomodir Pemerintah Pusat, dengan harapan bisa membantu percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Rokan Hulu. ” Pungkasnya
(Alfian Top / Puga )