Pemdes Mopolo Esa Salurkan BLT-DD Bulan ke-7 dan ke-8 Kepada 25 KPM

by -140 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Upaya penanganan pandemi Covid-19 dibidang ekonomi, dilakukan oleh jajaran pemerintah desa Mopolo Esa, Kecamatan Ranoyapo, dengan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kepada para Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Sebanyak 25 Keluarga Penerima Manfaat Dana Desa yang ada di Desa Mopolo Esa, mendapatkan BLT yang disalurkan oleh Pemerintah Desa Mopolo Esa.

Pemerintah Desa Mopolo Esa, pada Senin 13 September 2021 menyalurkan BLT-DD kepada 25 KPM, dimana BLT-DD yang disalurkan adalah untuk bulan ke-7 dan ke-8 (Juli dan Agustus), sebelumnya juga Pemdes Mopolo Esa telah menyalurkan BLT-DD untuk bulan pertama hingga bulan ke-enam.

Penjabat HukumTua Desa Mopolo Esa Noldi Lumenta mengatakan bahwa jumlah KPM BLT-DD untuk Desa Mopolo Esa sebanyak 25 KPM telah ditetapkan melalui musyawarah desa penetapan jumlah KPM BLT-DD, yang kemudian dituangkan dalam Perkades.

Baca juga:  Forkopimca Modoinding Gelar Jumat Bersih, Harits Lokas Ajak Masyarakat Tingkatkan Kesadaran Buang Sampah

“Saat ini kita salurkan BLT-DD untuk bulan ke-7 dan ke-8 atau bulan Juli-Agustus, sebanyak 25 KPM mendapatkan bantuan yang anggarannya bersumber dari anggaran dana desa tersebut,” jelas Penjabat HukumTua Noldi Lumenta.


Kepada para KPM BLT-DD, Penjabat HukumTua Noldi Lumenta mengatakan agar bantuan tersebut dipergunakan dengan sebaik-baiknya, gunakan sesuai kebutuhan bukan sesuai keinginan, apalagi ditengah pandemi saat ini, tentunya akibat dari pemberlakuan pembatasan kegiatan sosial, sangat berdampak pada pendapatan perekonomian masyarakat.

“Saya ingatkan kepada para KPM, agar mempergunakan bantuan ini dengan sebaik-baiknya, digunakan sesuai dengan kebutuhan, dan bantuan ini diharapkan dapat menjadi stimulan untuk peningkatan perekonomian keluarga, karena tujuan dari bantuan yang diberikan ini dalam rangka pemulihan ekonomi masyarakat,” ujar Noldi Lumenta.

Para KPM BLT-DD, akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp.300.000 setiap bulan, dan akan disalurkan selama 12 bulan dari Januari hingga Desember 2021.

Baca juga:  Wujud Kebersamaan Pemdes Dan Masyarakat, Desa Liningaan Laksanakan Kerja Bakti

Dikatakan Penjabat HukumTua Noldi Lumenta, bahwa untuk anggaran dana desa Mopolo Esa tahun 2021, selain dialokasikan untuk BLT-DD, juga dialokasikan untuk beberapa kegiatan, termasuk didalamnya bidang pembangunan desa, yakni pembangunan infrastruktur jalan desa dan sarana penunjang lainnya.

Anggaran Dandes Mopolo Esa juga dialokasikan untuk percepatan penanganan Covid-19, kegiatan pemberdayaan PKK, pencegahan Stunting, hingga kegiatan pendataan SDGs.

Semua kegiatan pembangunan yang dilaksanakan didesa Mopolo Esa, sebagaimana disampaikan oleh Noldi Lumenta, bahwa telah sesuai dengan APBDes Mopolo tahun 2021, yang dituangkan dalam Baliho APBDes yang telah terpampang di desa.

Ia pun mengajak kepada warga masyarakat untuk bersama-sama mendukung dan mensuport program pembangunan desa, yang semuanya dimaksudkan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat desa Mopolo Esa. (Hengly)*