Salurkan BLT-DD Kepada 86 KPM, Sumangkut Ingatkan Pergunakan Sesuai Kebutuhan

by -126 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Pandemi Covid-19 saat ini sangat berpengaruh dan berdampak diberbagai sektor kehidupan masyarakat, salah satunya disektor perekonomian. Maka dari itu pemerintah dengan berbagai upaya membantu warga masyarakat dengan menyalurkan berbagai jenis bantuan kepada masyarakat.

Salah satu jenis bantuan yang disalurkan kepada masyarakat oleh pemerintah adalah bantuan langsung tunai yang anggarannya bersumber dari dana desa, yang dimana dananya dialokasikan melalui dana desa yang diterima oleh setiap desa yang ada diwilayah Indonesia.

Sebagaimana instruksi dari Kementerian terkait, bahwa setiap desa diwajibkan menyalurkan bantuan langsung tunai dana desa, kepada masyarakat yang terkena dampak dan yang benar-benar membutuhkan oleh karena pandemi Covid-19 saat ini.

Dan Desa Ranoyapo, Kecamatan Ranoyapo Kabupaten Minahasa Selatan adalah salah satu desa yang menindaklanjuti akan instruksi tersebut dengan menyalurkan BLT-DD kepada warga masyarakat yang benar-benar layak dan membutuhkan sebagaimana hasil Musdes penetapan KPM BLT-DD.

Sebagai wujud tindak lanjut, maka Pemerintah Desa Ranoyapo Kecamatan Ranoyapo, menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kepada para KPM BLT-DD, dimana penyalurannya dilaksanakan pada Rabu 22 September 2021, bertempat di Balai Pertemuan Umum Desa Ranoyapo.

Sebagaimana disampaikan oleh Penjabat HukumTua Desa Ranoyapo Yan Hildat Sumangkut SE, bahwa penyaluran yang disalurkan tersebut adalah BLT-DD selama tiga bulan, yakni bulan ke-4, ke-5 dan ke-6, dan jumlah penerima BLT-DD untuk desa Ranoyapo berjumlah 86 KPM.

“Untuk penyaluran yang kita lakukan ini adalah penyaluran BLT-DD untuk bulan ke-4, ke-5, dan ke-6, dimana ada sebanyak 86 KPM yang menerima manfaat dari bantuan tersebut, sebelumnya juga Pemdes Ranoyapo telah menyalurkan BLT-DD untuk tiga bulan pertama yakni bulan ke-1, bulan ke-2 dan bulan ke-3,” kata Penjabat HukumTua Yan Sumangkut.

Baca juga:  Pemdes Keroit Salurkan BLT-DD Bulan ke-4, ke-5 dan ke-6 Kepada 62 KPM

Disampaikannya pula bahwa untuk selanjutnya dalam waktu dekat juga akan segera ditindaklanjuti dengan penyaluran BLT-DD untuk tiga bulan yakni bulan ke-7 (September), bulan ke-8 (Agustus) dan bulan ke-9 (September), dan ini adalah bentuk nyata perhatian pemerintah kepada masyarakat ditengah pandemi saat ini.

“Kepada para KPM BLT-DD Desa Ranoyapo, saya ingatkan agar memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya, pergunakan sesuai dengan kebutuhan, bukan pergunakan sesuai keinginan, karena bantuan ini ditujukan dalam rangka pemulihan ekonomi masyarakat, yang diharapkan akan bermanfaat dan berdampak pada peningkatan pendapatan ekonomi keluarga,” tambah Yan Sumangkut.

Sementara itu, Camat Ranoyapo Franklin Mokoagow SH, yang hadir dalam penyaluran BLT-DD tersebut, dalam sambutannya sekaligus perkenalan dirinya sebagai Camat Ranoyapo menyampaikan sangat mengapresiasi akan kerja nyata dari Pemdes Ranoyapo yang langsung menindaklanjuti akan instruksi Pemerintah terkait penyaluran BLT-DD.

Dikesempatan sambutannya tersebut, Camat Franklin Mokoagow juga mengingatkan kepada warga masyarakat dalam menyambut perayaan pengucapan syukur pada 26 September nanti, untuk tidak mengundang dan menerima tamu, dimana saat ini masih dalam pandemi Covid-19, maka dari itu penerapan protokol kesehatan harus lebih dioptimalkan, pemerintah desa harus lebih pro-aktif dalam memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat untuk selalu disiplin mematuhi prokes.

Baca juga:  Camat Jendry Umboh Terima Mahasiswa KKT Unsrat Angkatan CXXIV Posko Minsel IV

Begitu pula, disampaikannya agar dalam menyambut perayaan pengucapan syukur, untuk tidak merayakan dengan cara pesta pora, tapi rayakan dengan penuh kesederhanaan tanpa meninggalkan makna dari pengucapan syukur itu sendiri.

“Dalam rangka kita menyambut perayaan pengucapan syukur, saya menghimbau agar masyarakat merayakan dengan kesederhanaan, tidak dengan pesta pora, dilarang mengundang dan menerima tamu, dan pula pada perayaan pengucapan syukur saya ingatkan untuk selalu menjaga stabilitas Kamtibmas agar tetap kondusif, kita masih berada dimasa pandemi, maka dari itu kita harus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan,” kata Camat Franklin Mokoagow.

Untuk diketahui, dalam anggaran dana desa tahun 2021 Desa Ranoyapo dialokasikan untuk beberapa item kegiatan, baik itu kegiatan bidang pembangunan desa, pemberdayaan, dan kegiatan lainnya seperti penanganan Covid-19 dan penyaluran BLT-DD.

Untuk Pagu Dandes Ranoyapo tahun 2021, sebagaimana disampaikan oleh Penjabat HukumTua Yan Sumangkut yang didampingi oleh Sekretaris Desa Melky Sanger, adalah berjumlah Rp.875.218.000, yang dimana anggaran tersebut telah dialokasikan untuk berbagai jenis kegiatan sebagamana yang tertuang dalam APBDes Ranoyapo tahun 2021.

Kegiatan Penyaluran BLT-DD dari Pemdes Ranoyapo kepada 86 KPM, dihadiri pula oleh Pengurus FPK Minsel Welly Liwe, jajaran pemerintah desa, dan Lembaga Desa, penerapan protokol kesehatan tetap diberlakukan selama pelaksanaan penyaluran BLT-DD tersebut. (Hengly)*