Resmikan RRJ, Begini Harapan Makapedua

by -114 views

Labuhanbatu, transparansiindonesia.co.id – Kejaksaan Negeri Labuhanbatu mendirikan Rumah Restorative Justice (RRJ) diwilayah tugasnya atau tepatnya di Desa Sidorukun, Kecamatan Pangkatan, Kabupaten Labuhanbatu.

Keberadaan RRJ tersebut, sebelum di pergunakan, dilaksanakan acara peresmian yang dilakukan oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Labuhanbatu Jefri Penanging Makapedua SH. MH, pada Senin 30 Mei 2022.


Peresmian Rumah Restorative Justice, dihadiri pula duo top eksekutif Labuhanbatu yakni Bupati dr. Erik Adtrada Ritonga M.KM, Wakil Bupati Hj. Ellya Rosa Siregar S.Pd. MM, Hadir pula Kapolres Labuhanbatu yang diwakili oleh oleh Kasat Reskrim AKP Rusdi Marzuki, tokoh masyarakat, tokoh agama serta tokoh pemuda.

Pengguntingan pita dilakukan, menandai peresmian RRJ tersebut, dan berarti siap untuk digunakan.

Dalam sambutannya, Kejari Labuhanbatu Jefri Penanging Makapedua SH. MH mengatakan bahwa keberadaan Rumah Restorative Justice diwilayah Kabupaten Labuhanbatu, adalah suatu langkah maju dalam penegakan keadilan diwilayah tugas Kejari Labuhanbatu, dimana melalui RRJ tersebut, masyarakat bisa mendapatkan keadilan.

Baca juga:  Bupati Labuhanbatu; Calon Guru Penggerak Harus Bisa Meningkatkan Kompetensi Dalam Mengelola Pembelajaran


Dimana Makapedua mengungkapkan tentang bagaimana pihak Kejari merestorasi atau memulihkan dan mengembalikan keadilan yang sesungguhnya kepada masyarakat.

Salah satunya menurut Makapedua adalah menerapkan Restorative Justice pada kasus-kasus tertentu yang tidak harus sampai ke proses hukum hingga ke pengadilan.

“Jefri Makapedua mengungkapkan terimakasih kepada pihak pemerintah daerah yang terus mensuport dan mendukung langkah-langkah Kejari Labuhanbatu, dan saya berharap keberadaan RRJ akan ada disetiap Kecamatan diwilayah tugas kerja Kejari Labuhanbatu,” kata Jefri Penanging Makapedua.


Sementara itu Bupati Labuhanbatu dr. H. Erik Astrada Ritonga MKM, mengapresiasi akan langkah dari pihak Kejari yang mendirikan Rumah Restorative Justice diwilayah Kabupaten Labuhanbatu.

Baca juga:  Kejari Labuhanbatu Tahan Dua Tersangka Dugaan Korupsi Dana BUMDes

Bupati Erik pun berharap, keberadaan Rumah Restorative Justice nantinya akan ada disetiap Kecamatan diwilayah Kabupaten Labuhanbatu, karena rasa keadilan sangat dibutuhkan oleh masyarakat terutama diwilayah pesisir yang sulit mendapatkan akses terutama mengenai persoalan hukum.

“Saya berharap keberadaan RRJ ini dapat diadakan disetiap kecamatan, karena keadilan sangat dibutuhkan oleh masyarakat, kan damai itu indah,” ujar Bupati Erik.


Sementara Kepala Desa Sidorukun, mengatakan bahwa sangat berbangga karena pihak Kejari dan pemerintah daerah memilih desa Sidorukun sebagai tempat didirikannya Rumah Restorative Justice diwilayah Kecamatan Pangkatan, dan diwilayah Kabupaten Labuhanbatu pada umumnya.
(red/T2)*