K3S Maesaan Gelar Lomba Pidato Bahasa Daerah, Ini Hasilnya..

by -436 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Maesaan, menggelar lomba pidato untuk tingkatan sekolah dasar (SD) dan diikuti oleh para siswa dari sekolah-sekolah yang ada di Kecamatan Maesaan.

Kegiatan lomba pidato bahasa daerah tersebut diikuti oleh 7 peserta sekolah dasar yang membawakan pidato dalam bahasa daerah yakni bahasa tountemboan maupun bahasa tolour.

Adalah sekolah dasar (SD) Katholik Tambelang menjadi tuan rumah kegiatan lomba pidato tersebut, yang digelar pada Rabu 15 Juni 2022.

Ketua K3S Kecamatan Maesaan Magrita Rondonuwu SPd. MM mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan program dari pemerintah kabupaten Minahasa Selatan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, yang dimana untuk menumbuh kembangkan dan melestarikan budaya daerah salah satunya melalui bahasa daerah dikalangan siswa sekolah dasar.

“Kegiatan ini merupakan program dari pemerintah kabupaten Minahasa Selatan melalui dinas pendidikan dan kebudayaan, dan untuk kecamatan Maesaan kita gelar hari ini di SD Katholik Tambelang yang diikuti oleh 7 peserta,” kata Magrita Rondonuwu.

Baca juga:  DPRD Minsel Gelar Paripurna Pengumuman Penetapan Hasil Pilkada Minsel 2020

Melalui kegiatan tersebut, diharapkan tentunya akan lebih menggairahkan masyarakat untuk selalu membudidayakan menggunakan bahasa daerah sebagai suatu kearifan lokal masyarakat, dan memelihara budaya daerah khususnya bahasa yang dipergunakan sehari-hari.

Adapun pemenang dalam lomba pidato bahasa daerah tersebut, nantinya akan menjadi utusan dari Kecamatan Maesaan untuk mengikuti lomba serupa ditingkat Kabupaten Minahasa Selatan.

Selain lomba pidato bahasa daerah untuk tingkat SD, juga dilaksanakan lomba pidato bahasa Inggris untuk tingkat SMP yang hanya diikuti oleh dua peserta.

Lomba pidato bahasa daerah untuk tingkat SD dan lomba pidato bahasa Inggris untuk tingkat SMP, menghadirkan para juri yang berkompeten dibidangnya masing-masing.

Hadir dalam kegiatan lomba pidato bahasa daerah tingkat SD dan lomba pidato bahasa Inggris untuk tingkat SMP di Kecamatan Maesaan, diantaranya Kabid Kebudayaan Disdikbud Minsel James Mawikere SE. MSi, bersama staf pegawai Max Lumi SPd dan Naomi Lampus SPd. MM, korwil Kecamatan Maesaan, para kepala sekolah bersama guru, dan para peserta lomba yang didampingi oleh orang tua peserta.

Baca juga:  'Open House' Pengucapan Syukur, Tetty Paruntu Terima Kunjungan Gubernur Olly Dondokambey di Rudis Bupati Minsel

Dan berikut hasil untuk kegiatan lomba pidato bahasa daerah tingkat SD;

Juara 1 ; Junior Liwe (SD Katolik Tambelang)
Juara 2 ; Kimmy H Laleda (SD GMIM Tambelang)
Juara 3 ; Eldad Wauran (SD GP Tumani)

Kepada para pemenang lomba, Ketua K3S Kecamatan Maesaan Magrita Rondonuwu menyampaikan banyak selamat dan terus asah kemampuan untuk persiapan mengikuti lomba pidato ditingkat Kabupaten Minsel.

Sementara itu untuk lomba pidato bahasa Inggris tingkat SMP, para pemenangnya diumumkan karena hanya diikuti oleh dua peserta.
(Hengly)*