Kecamatan Tompasobaru Gelar Musrenbang, Hasilkan Beberapa Usulan Prioritas

Minsel94 Dilihat

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Pemerintah Kecamatan Tompasobaru melaksanakan giat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang digelar pada Selasa 7 Februari 2023 bertempat di BPU Desa Tompasobaru Dua.

Kegiatan Musrenbang Kecamatan Tompasobaru diawali dengan ucapan selamat datang yang disampaikan oleh Penjabat HukumTua Desa Tompasobaru Dua Paula Sondakh SPt, selanjutnya kegiatan dibuka dengan Doa yang dipimpin oleh Pdt. Felix Pantow STh.

Usai dibuka dengan Doa, selanjutnya peserta musyawarah menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Selanjutnya dalam kegiatan musyawarah tersebut, penyampaian laporan dari Kepala Kecamatan Tompasobaru Drs. Jemmy Loa yang sekaligus juga membuka kegiatan Musrenbang kecamatan Tompasobaru.

Dimana dalam laporannya, Camat Jemmy Loa menyampaikan terkait progres keadaan wilayah Kecamatan Tompasobaru, pembangunan hingga pada situasi Kamtibmas yang ada diwilayah Kecamatan Tompasobaru.

Dikatakan Camat Jemmy Loa pula bahwa Musrenbang kecamatan Tompasobaru dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari kegiatan Musrenbang yang telah dilaksanakan ditingkat desa se-Kecamatan Tompasobaru dan telah menghasilkan berbagai usulan prioritas desa yang akan dibahas dalam Musrenbang tingkat Kecamatan.

Adapun dasar hukum pelaksanaan Musrenbang dalam rangka penyusunan RKPD, sebagaimana disampaikan oleh Camat Jemmy Loa adalah Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

“Secara resmi atas nama pemerintah kabupaten Minahasa Selatan pak Bupati Franky Donny Wongkar SH dan pak Wakil Bupati Petra Yanni Rembang MTh, saya membuka kegiatan Musrenbang Kecamatan Tompasobaru, dan selamat kita bermusyawarah,” kata Camat Jemmy Loa.

Usai dibuka oleh Camat, kegiatan Musrenbang Kecamatan Tompasobaru selanjutnya sambutan dari Kepala Dinas Dukcapil Minsel Dekky Tuwo S.Sos yang hadir mewakili Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Selatan, Franky Donny Wongkar SH dan Petra Yanni Rembang MTh (FDW-PYR).

Dalam sambutan Bupati yang dibacakan oleh Kadis Dukcapil Dekky Tuwo menyampaikan mengenai program-program pemerintah kabupaten Minahasa Selatan, serta keberhasilan yang telah digapai dalam mewujudkan visi-misi pemerintah, dalam 12 program prioritas pembangunan Pemkab Minsel.

Gerakan Marijo Batanam terus digaungkan dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan dan mengendalikan inflasi, serta pemanfaatan berbagai potensi yang ada di Minahasa Selatan untuk kesejahteraan masyarakat guna mewujudkan Minsel Maju, Berkepribadian dan Sejahtera.

Musrenbang Kecamatan Tompasobaru

Selanjutnya, dalam rangkaian Musrenbang dilakukan penanda-tanganan berita acara oleh para pimpinan musyawarah dan perwakilan peserta musyawarah.

Adapun berbagai program usulan prioritas yang dibahas dalam Musrenbang Kecamatan Tompasobaru diantaranya, perbaikan atau peningkatan akses jalan dari desa Karowa menuju desa Liandok, akses jalan lingkar Kecamatan dari Desa Kinalawiran menuju Desa Torout, pembangunan bendungan irigasi didesa Lindangan, serta ada beberapa usulan pembangunan infrastruktur maupun pemberdayaan lainnya yang dibicarakan dan dibahas.

Sementara itu dari Bapelitbangda Minsel yang diwakili oleh Kabid Romel Massie menyampaikan bahwa usulan-usulan yang disampaikan juga harus terintegrasi dengan RPJMD dan juga dengan 12 program prioritas Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan.

Hadir dalam Musrenbang Kecamatan Tompasobaru diantaranya Kadis Dukcapil Minsel Dekky Tuwo yang mewakili Bupati Franky Donny Wongkar SH, Bapelitbangda Minsel Kabid Romel Massie bersama jajaran, perwakilan SKPD, Camat Tompasobaru Drs. Jemmy Loa bersama jajaran pegawai, Kapolsek Tompasobaru AKP Boby Tri Mulyono, Danramil 1302-18 Tompasobaru Letda.Inf Jansen Linoe, para penjabat HukumTua, Pendamping desa (TPPI Tompasobaru), Ketua BPD, Sekdes, operator desa serta undangan lainnya dari beberapa instansi.
(Hengly)*