Terima Penghargaan JKN Award, FDW; Wujud Nyata Pemkab Minsel Berikan Perlindungan Kesehatan Kepada Masyarakat

Minsel60 Dilihat

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Republik Indonesia menyelenggarakan acara Universal Health Coverage (UHC) Award, yang diselenggarakan pada Selasa 14 Maret 2023 bertempat di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan.

Acara tersebut, dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin, sejumlah menteri kabinet dan kepala daerah yang akan menerima penghargaan UHC Award 2023.

Salah satu kepala daerah yang hadir dalam acara tersebut, adalah Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar SH.

Kehadiran Bupati Minahasa Selatan dalam acara tersebut, dalam rangka menerima penghargaan, karena oleh data BPJS Kesehatan, Kabupaten Minahasa Selatan masuk dalam 334 Kabupaten/Kota yang kepesertaan BPJS Kesehatan telah mencapai lebih dari 95 persen.

UHC Award Diberikan Kepada Pemkab Minsel

Penghargaan UHC Award 2023 kepada pemerintah kabupaten Minahasa Selatan, diterima oleh Bupati Franky Donny Wongkar SH, yang diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia M. Tito Karnavian.

Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar SH mengatakan bahwa, penghargaan yang diterima tersebut adalah merupakan komitmen pemerintah daerah dalam pelayanan kesehatan dan selalu berupaya dengan berbagai langkah untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat termasuk memberikan jaminan kesehatan.

Karena, menurut Bupati FDW, adalah sudah menjadi tanggung jawab negara untuk menjamin pemenuhan hak atas masyarakat dibidang kesehatan.

Baca juga:  Altin Sualang Pantau Penyaluran BLT-Dandes di Desa Linelean

“Penghargaan yang diterima ini, juga menunjukkan komitmen pemerintah daerah memberikan pelayanan kesehatan termasuk memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat Minahasa Selatan, dimana telah mencapai 95 persen dari jumlah penduduk yang telah tercover oleh jaminan kesehatan nasional,” ujar Bupati FDW.

Penghargaan Universal Health Coverage atau UHC Award, adalah sebagai bentuk dan wujud nyata pemerintah daerah dalam mendukung program jaminan kesehatan nasional bagi masyarakat Indonesia, termasuk warga masyarakat Minahasa Selatan.

Mendagri Tito Karnavian Memberikan UHC Award Kepada Bupati Minsel Franky Donny Wongkar

Ada sebanyak 22 Provinsi dan 334 Kabupaten/Kota yang telah mendukung program jaminan kesehatan nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Hal tersebut adalah merupakan sebagai program strategis nasional, dengan mendorong terwujudnya cakupan kesehatan atau Universal Health Coverage di Indonesia.

Adapun pemerintah daerah yang berhak menerima UHC Award tersebut, adalah Pemda yang telah mencapai cakupan kepesertaan BPJS lebih dari 95 persen dari jumlah penduduk.

Serta pula sudah melakukan integrasi Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) dengan mendaftarkan kepesertaan pemerintah daerah ke dalam PBPU.

Hal tersebut sesuai dengan sesuai ketentuan Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 84 Tahun 2022 tentang Penyusunan APBD tahun 2023 serta Inpres Nomor 1 Tahun 2022.

Baca juga:  Tetty; "Kami Sudah Diajarkan Menyumbang Sejak dari Kecil"

Secara garis besar, UHC Award adalah bentuk apresiasi pemerintah terhadap layanan kesehatan yang mudah diakses bagi semua pihak disetiap daerah.

Dan Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan terus berkomitmen memberikan perlindungan kesehatan kepada masyarakat melalui pemberian jaminan kesehatan yang terdaftar pada program jaminan kesehatan nasional.

Bupati Franky Donny Wongkar SH, juga mengatakan bahwa hal tersebut adalah sebagai bentuk sinergitas dan kolaborasi antara semua pihak dalam mendukung program prioritas dan program strategis nasional.

“Karena tugas pokok pemerintah daerah adalah mendukung penuh program prioritas nasional yang bermanfaat luas bagi seluruh masyarakat,” ujar FDW.

Sementara itu , selaku badan penyelenggara jaminan sosial kesehatan, melalui Direktur Utama Ali Ghufron Mukti mengungkapkan bahwa BPJS Kesehatan terus bekerja keras dan berupaya melakukan berbagai advokasi kepada pemerintah daerah agar seluruh warga masyarakat diwilayah masing-masing dapat diintegrasikan dengan program Jaminan Kesehatan Nasional.

Dikatakan Ali Ghufron pula dengan tercapainya predikat UHC Award, pemerintah daerah juga harus memastikan bahwa setiap penduduk dapat memiliki akses layanan kesehatan yang adil, merata dan rabilitatif.
(Hengly)*

Sumber/Kominfo Minsel