Prof. Sompie; Peneliti Unsrat Harus Semakin Produktif Hasilkan Invensi Baru Untuk Dipatenkan

Pendidikan, SULUT60 Dilihat

Manado, transparansiindonesia.co.id – Rektor Universitas Samratulangi Manado, Prof. Dr. Ir. Oktovian Berty Alexander Sompie M.Eng., IPU , mengajak sekaligus mendorong para peneliti Unsrat untuk semakin produktif dalam menghasilkan invensi-invensi baru yang dapat dipatenkan.

Hal tersebut disampaikan oleh Rektor Unsrat ketika menyampaikan sambutan dalam kegiatan konsultasi teknis terkait pemanfaatan penelusuran paten bagi kalangan perguruan tinggi, lembaga Litbang/BRID.


Dimana kegiatan konsultasi teknis tersebut dilaksanakan pada Selasa 16 Mei 2023.

“Saya mengajak sekaligus mendorong kepada para peneliti Unsrat untuk terus dan semakin produktif dalam menghasilkan invensi-invensi baru yang dapat dipatenkan,” ujar Rektor Prof. Berty Sompie.

Baca juga:  Berikan Training of Trainer Bagi Prodi, Tim PKM UGM Kunjungi Unsrat

Dikatakan Rektor Prof. Sompie, Invensi-invensi baru yang dapat dipatenkan tersebut, nantinya akan menjadi kekuatan Unsrat dalam mewujudkan visi Unsrat sebagai kampus yang unggul dan berbudaya menuju World Class University.


“Nantinya, invensi-invensi baru yang dapat dipatenkan tersebut akan menjadi kekuatan Unsrat guna mewujudkan visi Unsrat sebagai kampus yang unggul dan berbudaya menuju World Class University,” tambah Prof. Sompie.

Dalam sambutannya di kegiatan tersebut, Prof. Berty Sompie juga mengatakan bahwa sejauh ini Unsrat terus berupaya meningkatkan dan memfasilitasi pencapaian hak kekayaan intelektual (HKI).

Baca juga:  Graduation Day SMKN 1 Maesaan, Rengkuan; Implementasikan Ilmu Yang Didapat Ke Tengah Masyarakat

Yang berupa hak paten maupun hak cipta lainnya dari hasil karya inovatif para dosen maupun peneliti Unsrat.


Dijelaskan Rektor, bahwa pada tahun 2022 Unsrat masuk 10 besar sebagai perguruan tinggi dengan permohonan paten tertinggi di Indonesia.

Dan pula Unsrat menduduki peringkat pertama sebagai perguruan tinggi dengan jumlah hak cipta terbanyak dikawasan Indonesia timur.

Dengan pencapaian-pencapaian yang telah diraih tersebut, Rektor berharap dan juga memotivasi para peneliti Unsrat untuk terus berinovasi, menghasilkan hasil karya yang dapat dipatenkan.
(T2)*