SULUT, TI – Pimpinan dalam hal ini Dirut Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof. R.D Kandou Manado telah berganti.
Adalah Dr. dr. Starry Rampengan yang kini dipercayakan memimpin rumah sakit terkemuka di Sulawesi Utara tersebut.
Pergantian pimpinan dan management RSUP Prof. Kandou Manado mendapatkan perhatian dari lembaga swadaya masyarakat aliansi masyarakat transparansi indonesia (LSM-AMTI).
Melalui Ketua Umum DPP LSM-AMTI, Tommy Turangan SH mengatakan sangat mendukung dan mensupport pergantian pimpinan dan management RSUP Prof. Kandou Malalayang Manado.
Dimana, menurut Turangan banyak keluhan masyarakat yang oleh pimpinan sebelumnya tak mampu diselesaikan dan direspon dengan cepat oleh pimpinan dan management rumah sakit.
Ia pun berharap, pimpinan dan management rumah sakit Kandou Malalayang Manado yang baru dapat melakukan evaluasi terhadap kinerja bagian-bagian yang kurang optimal dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.
Satu bagian yang disorot oleh LSM-AMTI adalah bagian Humas RSUP Prof. Kandou yang menurut Tommy Turangan kurang optimal dalam melaksanakan tugas sebagai bagian yang berhubungan langsung dengan keluhan-keluhan masyarakat.
Dimana, keluhan-keluhan masyarakat terkait pelayanan rumah sakit diduga tak sampai ke pimpinan dan management oleh karena bagian Humas sangat lemah dan tidak optimal dalam kinerjanya.
Maka dari itu, Tommy Turangan mengatakan bahwa pimpinan rumah sakit juga harus melakukan perubahan dan pergantian bagian Humas rumah sakit, dan menempatkan orang yang sangat peka dan cepat respon dengan berbagai keluhan masyarakat.
Seperti beberapa waktu lalu, keluhan masyarakat terkait pelayanan dan hingga ke lahan parkir termasuk karcis masuk, sangat dikeluhkan oleh masyarakat yang menjaga pasien.
Apalagi, setelah pihak DPRD Sulut melakukan rapat dengar pendapat umum dengan pihak rumah sakit, semoga akan lebih mengoptimalkan dan meningkatkan kualitas pelayanan rumah sakit terhadap masyarakat.
“Humas rumah sakit harus diganti, karena selama ini kinerja Humas kurang optimal dan lemah, agar keluhan masyarakat dapat dan cepat sampai ke management maka Humas harus diganti, dan semoga kedepannya berbagai permasalahan dan keluhan masyarakat terkait pelayanan pasien dan lainnya yang berhubungan dengan rumah sakit dapat dengan cepat tanggap direspon oleh pihak rumah sakit,” tegas Tommy Turangan SH.
Lanjutnya, dengan adanya perubahan pimpinan dan management rumah sakit, kedepannya tidak akan ada lagi kejadian seperti kemarin-kemarin yang viral seperti penelantaran pasien, alasan alkes, dan pengelolaan parkir rumah sakit. (T2)*