Ada 4 Ikrar Yang Dibacakan Bupati Minsel Tetty Paruntu Saat Upacara Peringatan Hari Lahirnya Pancasila

by -278 views

Amurang, transparansiindonesia.com – Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila. Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu SE bertindak selaku Inspektur upacara. Acara ini di laksanakan di halaman kantor Bupati Minahasa Selatan pada Kamis, (1/6).

Upacara bendera kali ini terasa meriah dengan aksi solidaritas seribu bendera dan pelepesan bendera ke udara yang bertuliskan himbauan untuk tetap menjaga dan mengamalkan Pancasila. Dalam kesempatan tersebut Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu SE, atas nama pemerintah dan masyarakat kabupaten Minahasa Selatan membacakan Ikrar kebulatan tekad untuk tetap menjaga dan mengamankan empat pilar, yakni;

  1. Siap menjaga dan mempertahankan Pancasila sebagai satu-satunya ideologi bangsa dan negara Indonesia.
  2. Siap menjaga dan melaksanakan amanat UUD 1945.
  3. Siap menjaga dan mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  4. Siap menjunjung tinggi asas Bhineka Tunggal Ika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia.
Baca juga:  Kejutkan Banyak Pihak, Walikota Cirebon Dukung Jokowi-Ma'ruf Dalam Pilpres 2019

Selesai membacakan Ikrar tersebut, di lanjutkan dengan penanda-tanganan ke Empat Ikrar tersebut.

Dalam sambutannya Bupati Tetty, sapaan akrab Bupati Minsel ini, menghimbau kepada seluruh masyarakat Minahasa Selatan untuk memaknai dan menghayati seribu bendera ini, karena hari lahir Pancasila sangat penting bagi generasi kita selanjutnya.

“Peringatan Hari Lahir Pancasila ini yang di meriahkan dengan aksi seribu bendera ini, agar supaya kita sebagai masyarakat dapat mengerti betapa pentingnya Pancasila sebagai dasar negara, yang juga akan membangun generasi kita selanjutnya menjadi manusia yang berakhlak baik,” kata Tetty Paruntu.

Bupati pun menambahkan bahwa NKRI harus di satukan, toleransi umat beragama lebih di tingkatkan,

Baca juga:  Satu-satunya di Minsel, Kolam Air Panas Ada Di Desa Lowian

Harus cinta merah putih, cinta tanah air, dan harus mengamankan empat pilar.

“Negara ini di perjuangkan dengan darah dan air mata, kita sekarang yang tinggal mengisi kemerdekaan ini, harus berani berjuang dengan mengamankan keempat pilar ini,” tambah Bupati yang baru-baru ini menerima penghargaan Kartini Award.

Turut hadir mengikuti upacara peringatan hari lahir Pancasila ini di antaranya, Wakil Bupati Franky Donny Wongkar SH, Kapolres Minsel AKBP Arya Perdana SH.SIK.MSi, bersama jajaran, Ketua PN Amurang, Kajati Amurang, Ketua DPRD Minsel Jenny Johana Tumbuan SE, bersama anggota dewan lainnya. Pimpinan SKPD Minsel, Veteran Minsel, Ormas dan LSM di Minsel, guru-guru dan siswa, serta para peserta upacara lainnya. (Hengly K/TI)