Jelang MotoGP 2018, Bursa Transfer Pembalap Makin Memanas, Siapa Bakal Hengkang dan Siapa Bertahan..?

by -278 views

Jakarta/transparansiindonesia.com – Sebelum MotoGP 2018 berlangsung, rumor perpindahan pembalap terus bermunculan. Beberapa kontrak pembalap habis sehingga tim-tim mulai berburu penunggang motor mereka.

Di antara para pembalap MotoGP, kontrak Marc Marquez dan Valentino Rossi yang tengah menjadi sorotan. Rossi kabarnya akan pensiun saat kontraknya bersama Yamaha berakhir usai musim 2018. Sementara Marquez belum ada pembicaraan soal kontrak baru dengan Honda.

Meski di MotoGP 2017 tak menjadi kandidat juara dunia, kehadiran Rossi tetap dibutuhkan Yamaha. Itu karena The Doctor sudah menjadi ikon mereka selama bertahun-tahun. Jika tiba saatnya untuk pensiun, Yamaha pun harus mencari pengganti yang sepadan.

Saat ini mereka condong kepada pembalap Yamaha Tech 3, Johann Zarco. Kebetulan, pembalap berstatus Rookie of the Year MotoGP 2017 itu juga sudah sempat mengutarakan keinginannya untuk memperkuat tim pabrikan.

Baca juga:  Tim SSB Indonesia Muda U-11 Tahan Imbang Tim IRS U-11 2-2 Dalam Kompetisi IJL

Masalahnya, bukan hanya Yamaha yang berniat menyewa jasa Zarco. Pembalap asal Prancis itu juga mendapatkan ketertarikan dari KTM. Belakangan ini, KTM disebut-sebut memiliki ambisi untuk menggebrak MotoGP dalam beberapa tahun mendatang.

“Ini akan menjadi kekhawatiran enam tim pabrikan. Dulu hanya ada tiga pabrikan utama. Untuk sukses, tim harus menyewa pembalap papan atas agar mendapatkan hasil maksimal dari proyeknya. Dengan tiga pabrikan saja sudah sulit, sekarang ada enam,” kata bos Yamaha, Lin Jarvis.

Di lain pihak, Marquez disebut-sebut akan meninggalkan Honda. Alasannya adalah karena faktor uang. Maklum, upah yang didapat Marquez saat ini dinilai tak sepadan dengan kontribusinya yang sudah memenangkan empat gelar juara dunia MotoGP.

Marc Marquez juara MotoGP 2017

Tim yang diprediksi bakal diperkuat Marquez pada MotoGP 2019 adalah KTM. Indikasi itu muncul dari beberapa perkataan Carlos Pernat yang memprediksi Marquez bisa saja beralih ke KTM usai musim 2018.

Baca juga:  Maesa Sulut Raih Prestasi Ditingkat Nasional, Tanda Awal Kebangkitan Sepakbola Sulut

“Saya pikir kami semua harus berupaya mengendalikan pasa pembalap. Ini tak mudah karena kami semua adalah pesaing. Saya pikir bursa pembalap bisa menjadi sangat panas di masa depan,” tegas Jarvis.

Aprilia: Aleix Espargaro, Scott Redding

Ducati: Andrea Dovizioso, Jorge Lorenzo

Pramac Racing: Danilo Petrucci, Jack Miller

Avintia: Xavier Simeon, Esteve Rabat

Aspar: Karel Abraham, Alvaro Bautista

Marc VDS: Thomas Luthi, Franco Morbidelli

Repsol Honda: Dani Pedrosa, Marc Marquez

LCR Honda: Takaaki Nakagami, Cal Crutchlow

KTM: Bradley Smith, Pol Espargaro

Suzuki: Andrea Iannone, Alex Rins

Yamaha Tech 3: Johann Zarco, Jonas Folger

Movistar Yamaha: Maverick Vinales, Valentino Rossi.

(red/TI)*