Rusunami DP 0% Direalisasikan Tahun 2018, Tapi Bagaimana Cicilannya..??

by -210 views

Jakarta/transparnasiindonesia.com – Program rumah DP 0 rupiah menurut rencana bisa direalisasikan dan dibeli masyarakat pada akhir tahun 2018.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Agustino Darmawan mengatakan, pihaknya menyiapkan rusunami di satu lokasi untuk tahun 2018.

“Kemungkinan yang di PIK Pulogadung, mungkin sekitar 4 tower,” ujar Agustino di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Kamis (30/11/2017).

Anggaran pembangunan rusun PIK Pulogadung telah masuk dalam rancangan anggaran 2018. Selain Dinas Perumahan, kata Agustino, BUMD DKI juga akan membangun rusunami DP 0 rupiah.

Baca juga:  Babinsa koramil 427-01/pkr melaksanakan kegiatan himbauan kepada masyarakat di Kampung pakuan baru Kec. Pakuan ratu

PD Pembangunan Sarana Jaya akan membangun di Pondok Kelapa dan PT Jakpro akan membangun di Yos Sudarso. Kata Agustino, jenis bangunan yang dibangun semua rusunami.

“nggak mungkin di DKI (kalau rumah tapak), tanahnya mahal. Kalau kamimasukin ke biaya pokok cicilannya, itu enggak sanggup,” kata Agustino.

  Agustino mengatakan, rusunami DP 0 rupiah ini baru bisa diluncurkan pada akhir 2018. Minimal, rusunami yang dibangun Dinas Perumahan di PIK Pulogadung.

“2018 akhir paling cepat karena saya mesti bangun dulu, dong,” kata Agustino.

Baca juga:  Polri Sebar 458 Ton Beras dan 15.000 Paket Sembako untuk Masyarakat Banten Terdampak PPKM Darurat

Untuk tipe rusun yang dijual, Agustino masih menghitung luas yang pas. Awalnya, Dinas Perumahan telah mendapat hitungan rusun tipe 21 meter persegi dengan cicilan Rp 1,4 juta per bulan.

Ternyata, PD Pembangunan Sarana Jaya mampu membuat tipe 36 meter persegi dengan cicilan Rp 2,1 juta. Agustino pun akan menghitung ulang untuk mendapat kalkulasi tipe rusun paling besar dengan cicilan mudah.

“Saya bilang sudah hitung lagi, jangan mau kalah sama Sarana Jaya,” kata Agustino.   (red/TI)*