Hari Raya Lebaran, Moment Silahturahmi dan Kumpul Keluarga

by -191 views

Bolmong, transparansiindonesia.com — Moment Hari Raya Lebaran atau Idul Fitri, jadi moment ajang Silahturahmi dan kumpul keluarga, dalam merayakan kemenangan, bagi umat muslim, setelah selama bulan ramadhan, menjalani ibadah puasa.

Seperti yang ditunjukan oleh keluarga besar Sayow-Tumiwa yang berada di Desa BangoMolunow, Kecamatan Bolaang, Kabupaten Bolaang-Mongondow, para keluarga yang ada di daerah Minahasa Selatan dan Minahasa, Gorontalo, datang berkunjung dan bersilahturahmi dengan keluarga-keluarga yang ada di Desa tersebut.

“Moment hari raya lebaran ini, menjadi ajang selain bersilahturahmi, juga menjadi wadah saling bakudapa antara kami keluarga, yang walaupun berbeda agama, tapi rasa kekeluargaan tetap menjadi yang nomor satu.” kata Manly. Salah satu anggota keluarga.

Baca juga:  Raih 1.524 Suara, Jeifi Mamangkey Mulus Menuju Dekab Bolmong

Dalam suasana lebaran ini, terlihat suasana kekeluargaan dan penuh keakraban, diantara para keluarga, yang jarang berjumpa oleh karena kesibukan dan tugas kerja masing-masing pribadi dan keluarga.

Para orangtua, sepupu sampai pada cucu/cece, terkumpul merayakan hari raya lebaran, dan disertai dengan santap kasih bersama.

Dalam ajang bakudapa ini, menjadi tradisi di hari lebaran kedua, para keluarga menikmati hari libur dengan berwisata ke tempat-tempat objek wisata yang ada.

“Setelah lebaran ini, nantinya juga bila ada perayaan bagi umat kristiani, seperti Pengucapan Syukur, ataupun Hari Natal, para mereka pun keluarga yang beragama Muslim kami undang, dan mereka pun datang dan ikut merayakan hari raya bersama kami.” tambahnya.

Baca juga:  Manfaatkan Waktu Reses, JJM Serap Aspirasi Masyarakat Mogoyunggung

(red/TI)*