Bukti Nyata Pengembangan Bawang Putih, Bupati CEP Lakukan Penanaman Perdana

by -280 views

Minsel, transparansiindonesia.com — Bupati Minahasa Selatan DR Christiany Eugenia Paruntu SE terus menunjukan keseriusan untuk pengembangan bawang putih di wilayah Minahasa Selatan, dalam rangka swasembada bawang putih.

Bukti keseriusan tersebut ditunjukan Bupati Minsel dua periode tersebut, dimana pada Rabu 25 Juli 2018, Bupati Chriatiany Eugenia Paruntu (CEP) melakukan pencanangan dan penanaman perdana bawang putih di perkebunan Desa Pinasungkulan Utara, Kecamatan Modoinding yang terkenal dengan kesejukan suhu udaranya yang menjadi salah satu faktor penting penanaman bawang putih.


Dalam sambutannya Bupati Tetty Paruntu mengatakan sangat bersyukur boleh hadir di wilayah Modoinding yang merupakan dapurnya Indonesia Timur, dalam rangka penanaman perdana bawang putih guna mensukseskan pengembangan bawang putih di Minsel guna swasembada bawang putih di Indonesia.

“Saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kementerian Republik Indonesia yang selama ini telah membantu petani di Kabupaten Minahasa Selatan, dengan langkah nyata dan komitmen melalui berbagai program bantuan di bidang pertanian, kiranya hubungan baik ini dapat terus kita pertahankan dan bahkan ditingkatkan,” kata Bupati CEP.

Dalam kesempatan tersebut juga Bupati Tetty Paruntu melantik kepengurusan Pos Penyuluhan Desa (Posluhdes), serta menyerahkan surat keputusan, Bupati Tetty Paruntu mengharapkan agar keberadaan Posluhdes mampu berdiri sebagai lembaga yang mampu memberikan informasi dan inovasi terbaru kepada petani dalam perencanaan dan pengembangan pertanian desa.

Baca juga:  Kapolsek Tompasobaru Ikuti Kegiatan Sosialisasi dari KPU Minsel di Kecamatan Maesaan

Bupati Tetty Paruntu pun berharap agar seluruh koordiantor balai penyuluhan pertanian dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya. Dan lewat keberadaan balai penyuluhan pertanian kecamatan dan Posluhdes, akan lebih meningkatkan kualitas pertanian Minahasa Selatan, menjadi modern, hebat dan terdepan.

“Mohon dukungan dari seluruh masyarakat dan petani di Minahasa Selatan untuk kegiatan pengembangan bawang putih ini, dimana investor melirik kabupaten Minahasa Selatan, terutama wilayah Modoinding karena suhu udaranya yang sangat menunjang untuk pengembangan bawang putih, ditambah dengan semangat dari petani guna mensukseskan kegiatan ini.” tambah Bupati Minsel dua periode ini.

Dalam giat tersebut juga Bupati Christiany Eugenia Paruntu (CEP) menetapkan Hari Wisata Petani, dimana Bupati mengharapkan para utusan petani yang terkumpul saat ini dapat menikmati keindahan agrowisata Modoinding, yang selanjutnya juga agenda ini akan dijadikan agenda tahunan daerah guna mempromosikan potensi wisata, sarana edukasi dan sektor pertanian di Minahasa Selatan.

Baca juga:  Tetty Paruntu; "Stop KDRT dan Sayangi Lansia"

“Marilah kita terus menanam, menanam, dan semangat menanam, untuk kesejahtraan kita di kemudian hari,” ajak Bupati Cantik ini kepada para petani yang hadir.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Minsel, Ir Frans Tilaar mengatakan berterima kasih kepada Ibu Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE, serta juga Kementan RI dan pihak Investor yang boleh hadir dan melakukan penanaman perdana bawang putih, guna mensukseskan program swasembada bawang putih dimana diharapak Impor Bawang Putih Republik Indonesia ditahun 2021 sebesar 0 persen.

Hadir dalam kegiatan ini diantaranya, mewakili Dirjen Holtikultura Kementan RI DR.Ir Suwandi MSc hadir Ir Mardiyah MSc, pihak Asosiasi Bawang Putih Indonesia Pieko Nyoto Setiadi, pihak investor bawang putih, unsur Forkopimda Minsel, Pimpinan Perbankan di Minahasa Selatan, Kepala Dinas Pertanian Minahasa Selatan Ir.Frans Tilaar yang didampingi para kepala bidang, dan staf pegawai Distan Minsel, beberapa Kepala SKPD, Camat Modoinding Harits Lokas, para HukumTua se-kecamatan Modoinding, para utusan petani se-Minahasa Selatan, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

(Hengly/TI)*