Wakili Bupati CEP, Camat Maesaan Resmikan 72 Anggota BPD se-Kecamatan Maesaan

by -451 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Setelah terpilih beberapa waktu lalu, para anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang ada di 12 Desa di Kecamatan Maesaan, akhirnya di Resmikan oleh Camat Maesaan Drs Joike Tangkere MPd, mewakili Bupati Minahasa Selatan DR.Christiany Eugenia Paruntu SE, pada Kamis 11 Oktober 2018.

Adapun anggota BPD yang diresmikan ada 72 orang, dari 12 Desa se-Kecamatan Maesaan. Dan acara peresmian Anggota BPD tersebut digelar diruang rapat Kantor Kecamatan Maesaan.

Dalam sambutannya Camat Maesaan Joike Tangkere mewakili Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE, mengatakan bahwa agar kiranya para anggota BPD yang baru saja diresmikan menjalankan amanah yang dipercayakan dengan baik, dengan menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tugas pokok dan fungsi BPD.

“Saya berkeyakinan bahwa saudara-saudara anggota BPD yang baru diresmikan merupakan figur-figur yang berkualitas dan dedikasi dalam menunjang proses penyelenggaraan pemerintahan desa, pembangunan, dan pembinaan kemasyarakatan, bersinergi dengan pemerintah desa, dan selalu menumbuhkan daya kreativitas dan inovasi dalam pembangunan desa dan daerah, serta mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” kata Bupati Tetty Paruntu dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Camat Joike Tangkere.

Baca juga:  Dari Mailensun ke Rorong, Jabatan Kapolsek Ranoyapo Disertijabkan

Sementara itu Kepala Dinas PMD Minsel Efer Poluakan yang hadir dalam kegiatan peresmian BPD tersebut, mengajak kepada anggota BPD se-kecamatan Maesaan yang baru diresmikan untuk terus bersinergi dengan pemerintah desa dan lembaga desa lainnya, dalam mendukung program pemerintahan desa, dan bekerja dengan semangat pelayanan sesuai dengan fungsi BPD yang tertuang dalam UU Nomor 110 tahun 2016 tentang Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dimana dalam pasal 31 undang-undang tersebut menyatakan fungsi BPD adalah sebagai berikut,

1. Membahas dan Menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa
2. Menampung dan Menyalurkan Aspirasi Masyarakat
3. Melakukan Pemgawasan Kinerja Kepala Desa.

Dalam menjalankan fungsi tersebut, BPD dapat menempatkan diri sebagai artikulator dan wakil masyarakat yang mampu mempresentasikan kepentingan seluruh masyarakat desa.

“Setelah diresmikan, hendaklah para anggota BPD, untuk segera menggelar rapat musyawarah untuk memilih Ketua, Wakil Ketua dan para koordinator bidang BPD, agar supaya kinerja BPD akan semakin terlihat dan selanjutnya segera menggelar rapat bersama pemerintah desa untuk membahas dan memyepakati Rancangan Peraturan Desa Tahun 2019,” kata Efer Poluakan.

Baca juga:  Tetty Paruntu Ungkapkan Dukacita atas Jatuhnya Pesawat Lion Air JT-610

Ia pun mengatakan selamat dan sukses untuk para anggota BPD yang baru dilantik, dan segeralah melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. “Atas nama Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE dan Wakil Bupati Franky Donny Wongkar SH, saya selaku Kepala Dinas PMD Minsel mengucapkan banyak selamat kepada para anggota BPD di Maesaan yang baru saja diresmikan.

Acara peresmian ini dihadiri oleh Kepala Dinas PMD Minsel Efer Poluakan bersama rombongan, Camat Maesaan Drs.Joike Tangkere MPd beserta staf pegawai Kantor Kecamatan Maesaan, para HukumTua se-Kecamatan Maesaan, serta para anggota BPD yang diresmikan oleh Camat Maesaan mewakili Bupati Tetty Paruntu.

Berikut Jumlah Anggota BPD yang ada disetiap desa se-Kecamatan Maesaan;
1. Tambelang : 9 Anggota BPD
2. Kinamang. : 7 Anggota BPD
3. Kinamang Satu : 7 Anggota BPD
4. Liningaan : 5 Anggota BPD
5. Kinaweruan : 5 Anggota BPD
6. Tumani Selatan : 5 Anggota BPD
7. Tumani : 7 Anggota BPD
8. Tumani Utara : 5 Anggota BPD
9. Bojonegoro : 5 Anggota BPD
10. Lowian : 5 Anggota BPD
11. Lowian Satu : 5 Anggota BPD
12. Temboan : 7 Anggota BPD.

(Hengly)*