Diawali Ibadah Peletakan Batu Pertama, Pembangunan Didesa Tumani Utara melalui Dandes Dimulai

Minsel63 Dilihat

Minsel, transparansiindonesia.co.id — Pembangunan yang ada di Desa Tumani Utara, Kecamatan Maesaan, yang didanai melalui Dana Desa (Dandes) 2019, segera dimulai, pelaksanaan pengerjaan pembangunan didesa tersebut diawali dengan ibadah peletakan batu pertama.

Pejabat HukumTua Desa Tumani Utara, Rinny Sondakh mengatakan bahwa setelah pencairan dana desa untuk Desa Tumani Utara tahap 1 dicairkan, maka Pemerintah Desa melalui Tim Pelaksana Kegiatan langsung action melakukan pengerjaan pembangunan Desa.

Selain bidang pembangunan, ada juga bidang pemberdayaan yang dianggarkan dalam APDes Tumani Utara.

Untuk bidang pembangunan desa, menurut HukumTua Rinny Sondakh, ada beberapa item kegiatan yang akan dilaksanakan seperti pembuatan gorong-gorong, Pavinisasi, Drainase, pembangunan jalan usaha tani, pengadaan pengeras suara,pengadaan buku, dan kegiatan Posyandu, serta anggaran keterbukaan informasi publik.

Baca juga:  Pemdes Tumani Utara Kerjakan Infrastruktur Desa Melalui Anggaran Dandes

Dan untuk pemberdayaan kemasyarakatan meliputi pelatihan dibidang pertanian, peningkatan kapasitas aparatur desa, pengembangan bantuan hukum dan paralegal desa serta pelatihan pengelolaan Bumdes.
HukumTua Rinny Sondakh mengharapkan dukungan dari masyarakat, bersama unsur-unsur terkait bersama TPK Desa dalam kegiatan pembangunan yang ada di Desa Tumani Utara.

Adapun Jumlah Dana Desa yang masuk ke Desa Tumani Utara, menurut HukumTua berjumlah Rp.785.716.000 dan ADD berjumlah Rp.300.140.000.

Serta ada juga Silpa tahun 2018 yang berjumlah Rp.7.000.000.

“Kita juga menganggarkan penyertaan modal untuk Bumdes berjumlah Rp.71.000.000, untuk dikelola bagi kemajuan masyarakat desa,” kata Rinny Sondakh.

Baca juga:  Wabup PYR Khadim Ibadah Syukur Perayaan HUT Ke-96 Jemaat GMIM 'Zaitun' Lowian

Ia mengatakan bahwa dalam APBDes juga ada kegiatan atau anggaran untuk penyelenggaraan pemerintahan desa, seperti Siltap Perangkat desa dan HukumTua, jaminan sosial perangkat desa, operasional penerintah desa Tunjangan BPD, operasional BPD, serta anggaran lainnya yang tertata dalam APBDes Tumani Utara.

“Mari kita saling bekerja-sama, dalam kegiatan-kegiatan pembangunan di Desa Tumani Utara, untuk kemajuan dan kesejahteraan kita bersama,” tutup Rinny Sondakh.

(Hengly)*