Kamang; “Hampir Semua Desa Belum Optimal Dalam Penyerapan Dandes Tahap I dan II”

by -190 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id – – Tim Monitoring dan Evaluasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Kecamatan Kumelembuai melaksanakan Monev terhadap 7 Desa yang ada di Kecamatan Kumelembuai terkait beberapa hal seperti pemeriksaan administrasi APBdes, Evaluasi Progress dan Capaian Output, Monitoring Realisasi Fisik dan Keuangan.

Selain itu pula Tim Monev melakukan Pemeriksaan Transparansi Informasi Publik disetiap desa, mengambil dokumentasi pengerjaan pembangunan fisik, pemeriksaan RPD, RAP, dan pembukuan SPJ, pemeriksaan hasil Musdes, dan Pemeriksaan hasil Musrenbangdes.

Camat Kumelembuai Michael Waworuntu SSTP menyampaikan banyak terima kasih kepada Tim Monev Kecamatan Kumelembuai yang sudah bekerja melaksanakan tugasnya untuk ketertiban administrasi desa, dan transparansi pengerjaan pembanguan desa.

Baca juga:  Bupati CEP; "Hayati dan Maknai Minggu Sengsara dengan Sesungguhnya"

Disamping itu ia pun mengungkapkan terimakasih kepada para HukumTua dan jajaran pemerintah desa yang ada di Se-Kecamatan Kumelembuai yang telah menunjukan sikap kooperatifnya dan berkoordinasi dengan baik bersama Tim Monev Kecamatan guna mengoptimalkan pemanfaatan APBDes 2019.

“Terima kasih kepada Tim Monev APBDes Kecamatan Kumelembuai yang telah melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik, serta apresiasi dan terima kasih kepada oara HukumTua yang telah kooperatif dan berkoordinasi dengan baik guna optimalisasi pemanfaatan APBDes 2019,” kata camat yang akrab disapa Kamang tersebut.

Namun Kamamg pun memberikan beberapa catatan usai tim melakukan Monev di setiap desa diantaranya bahwa hampir semua desa ternyata masih belum optimal untuk tingkat penyerapan Dana Desa Tahap I dan Tahap II, pengelolaan BUMDes yang belum juga optimal, serta ia dengan tegas agar Transparansi Informasi Publik harus lebih ditingkatkan dan juga pengarsipan dan pengadministrasian harus lebih disiplin, lebih ditingkatkan oleh Sekdes dan Kaur keuangan atau Bendahara Desa.

Baca juga:  Lomba 'Memungut Sampah Plastik' Warnai Peringatan HUT RI ke-74 di Kecamatan Kumelembuai

“Masih ada satu desa yang belum dilakukan pemeriksaan dikarenakan tidak ada kesiapan atau saya bilang ini. Tidak pro aktif, dan ini akan kita lakukan pembinaan administrasi terhadap desa tersebut yakni Desa Malola Satu,” tambah Camat Kamang.

(Hengly)*