Tiga Partai di Kota Manado Bentuk Sekretariat Bersama

Tiga Partai di Kota Manado Bentuk Sekretariat Bersama

Manado, transparansiindonesia.co.id – – Memberi kontribusi dan dedikasi untuk warga muslim Kota Manado, maka pimpinan partai politik berbasis Islam mulai melakukan konsolidasi intens. Dinataranya, DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Manado, DPD Partai Keadilan Sejahtera dan DPC Partai Persatuan Pembangunan Kota Manado berkomitmen akan membentuk Sekretariat Bersama (Sekber).

Hal itu dimaksudkan untuk menjadi poros koalisi politik di Pemilihan Wali Kota (Pilwako) Manado 2020. Seperti disampaikan Ketua DPD PKS Kota Manado, Abu Hasan Syafi’i bahwa tiga partai tersebut tengah menggodok koalisi keumatan. Tujuannya mengkanal aspirasi umat Islam Kota Manado agar menjadi kekuatan politik yang solid.

”Kami bertiga pimpinan partai politik, PAN, PPP dan PKS Manado sendiri tengah merancang model koalisi keumatan. Targetnya di Pilwako 2020 ini dibangunlah kekuatan politik yang menjembatani kepentingan umat Islam di Kota Manado. Desain model kemitraan politik tengah dilakukan. Dalam hal pemahaman kita sudah fiks membicarakannya. Doakan semoga semua cita-cita politik umat ini berjalan lancar,” kata Safi’i, Senin (25/11/2019).

Tidak hanya itu, Ketua PAN Kota Manado Boby Daud juga menilai bahwa penting dibangunnya bargaining politik. Apalagi kesepakatan penyatuan itu didasarkan atas dukungan suara umat. Boby yang juga anggota DPRD Kota Manado itu secara umum menyampaikan pandangan terkait pentingnya koalisi umat diwujudkan.

”Kita bertiga sudah melakukan pertemuan beberapa kali. Rencananya akan dibangun koalisi antara tiga partai politik ini. Saya, kemudian Ketua PKS Manado dan PPP Kota Manado sangat sepakat ada kekuatan koalisi parpol keumatan dibentuk,” ujar Daud.

Selanjutnya, Ketua PPP Manado Madzhabullah Ali memaparkan narasi besar perihal keberpihakan partai politik yang berbasis agama pada segmen pemilihnya. Bung Ichal sapaan akrab Ali, yang juga mantan Sekretaris DPD KNPI Manado itu menyambut baik rencana pembentukan Sekber antara PAN, PKS dan PPP tersebut. Bagi Ichal pembentukan Sekber akan memperkuat polisi umat Islam dalam perhelatan politik lokal di Manado.

Telah beberapa kali kita membahas ini. Bahwa kami sepakat dibentuknya Sekber, bagiaimana pun segmen dan lokus dari partai politik berbasis Islam itu pada warga Islam terutama. Sehingga kita tidak boleh mengabaikan aspirasi umat yang meminta agar kita bersatu. Kami juga konsisten berjanji dan merealisasikan kepentingan politik umat Islam di Kota Manado dalam Pilwako Manado 2020,” tutur Ichal tegas.

Sementara itu, harapan umat Islam Kota Manado yang juga disampaikan Djafar Alkatiri anggota DPD RI menyampaikan pentingnya gerbong koalisi umat dibangun. Djafar menilai isu-isu trategis dan kepentingan bersama dapat dicari formulasinya melalui koalisi yang dibangun melalui Sekber.

”Banyak hak akan dapat didiskusikan. Kemudian, dicarikan solusi terbaik tentang cara mengawal dan memperjuangkan kepentingan politik umat Islam Manado. Nah, di Pilwako Manado 2020 saya berharap partai politik berbasis keagamaan Islam dapat mengkonsolidasi diri melalui medium koalisi. Agar paham tentang apa yang harus diperjuangkannya,” tutur Djafar yang juga Wakil Ketua Komite 1 DPD RI ini.

 

(T2)*

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.