DPD Golkar DKI Jakarta Gelar Lomba Foto Dengan Tema ‘Tak Gentar Melawan Covid-19’

DKI Jakarta18 Dilihat

Jakarta, transparansiindonesia.co.id — Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golongan Karya (Golkar) DKI Jakarta menggelar pengumuman pemenang lomba foto dan video dengan tema “Tak gentar melawan Covid-19” .

Acara ini merupakan rangkaian acara untuk menyambut  HUT RI ke-75. Pengumuman pemenang lomba dilaksanakan pada Senin (17/8/2020) di kantor sekretariat DPD Golkar Jalan Penggangsaan Cikini Menteng Jakarta Pusat.

Tak tangung-tanggung pengurus DPD Golkar menggaet tim juri  kalangan profesional seperti Maestro foto Tanah Air salah satunya adalah Darwis Triadi, seorang Fotografer yang sangat dikenal lewat karya karyanya dalam dunia Photografi Tanah Air.

 

Zaki menyebut, dari 7.300 dan foto yang masuk pihak panitia bersama tim juri kemudian menyeleksi 500 foto. Dari jumlah ini masih diseleksi lagi menjadi 50 foto untuk masing kategori, yakni foto kamera digital dan kamera handphone.

“Prosesnya memakan waktu yang cukup panjang kemudian dari situ kita ambil 500 kita seleksi dari situ  kita ambil 50 foto,” ucapnya.

Baca juga:  UP Taman Margasatwa Ragunan Terima Penghargaan dari KemenPAN-RB

Perhelatan lomba foto ini menurut, Zaki sangat dibutuhkan di tengah pandemi seperti saat ini. Tema-tema yang diangkat bisa menjadi inspirasi dan bisa menjadi iklan layanan non komersial.

 

“Lomba seperti ini sangat dibutuhkan di tengah kegelisahan di tengah masyarakat. Foto bisa bercerita banyak tentang kehidupan. Foto yang masuk menggambarkan perjuangan masyarakat untuk melawan keterbatasan yang saat ini mau tidak mau kita lakukan di era new normal,” ucapnya.

Adapun lomba foto ini dimenangkan oleh Adi Maulana Ibrahim dengan kategori foto kamera digital.

Foto Adi di kawasan Kabupaten Tangerang, di mana dia memotret salah satu tenaga kesehatan berdiri membelakangi camera dengan kedua tangannya mengepal ke udara.

Latar belakang foto adalah salah satu rumah sakit darurat. Terlihat para pasien juga ikut melambaikan tangan ke arah tenaga medis ini.

Baca juga:  Selamat Jalan Ibu Non Rawung, Terima Kasih Untuk Baktimu Dan Karyamu

“Foto ini sangat unik dari semua gambar dengan tema melawan covid. Ini lumayan  punya kekuatan. Backgroudnya bagus bagus ketajamannya itu di depan berarti harapan itu di depan. Itu kita lihat ada tulisan pos kesehatan ini semua fotografi yang original,” tutur Darwis menjelaskan alasan timnya memilih foto tersebut menjadi pemenang lomba.

 

Sementara itu, lomba foto kategori kamera handphone dimenangkan oleh Agung Ananto Nugroho dari Semarang Jawa Tengah.

Dia memotret belasan bocah sekolah dasar yang sedang mengibarkan bendera merah putih. Foto berlatar belakang rumpun bambu itu dipilih sebagai yang terbaik di kategori ini. “Foto pengibaran bendera anak SD.Ini adalah spirit buat adik-adik semua,” terangnya.

(T2)*