14 Nakes Puskesmas Tompasobaru Divaksin Sinovac

by -37 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id — Sebanyak 14 Tenaga Kesehatan (Nakes) yang berada di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tompasobaru, mendapatkan Vaksinasi Sinovac, dalam kegiatan Launching Vaksinasi Vaksin Sinovac di Puskesmas Tompasobaru yang digelar pada Rabu 3 Februari 2021.

Seperti apa yang disampaikan oleh Kelapa Puskesmas Tompasobaru Esty Karaki bahwa Launching Vaksinasi Vaksin Sinovac di Puskesmas Tompasobaru sebagai tindak lanjut dari kegiatan Launching serupa yang digelar oleh Pemkab Minsel pada kemarin hari (Selasa, 2/2) yang bertempat di RSUD Amurang.

Vaksin Sinovac sebelumnya telah berada di Chold Chain ruang penyimpanan Puskesmas Tompasobaru, dimana jumlah Sinovac yang ada di Puskesmas Tompasobaru berjumlah 27 Flacon.

“Kegiatan Launching Vaksinasi Vaksin Sinovac di Puskesmas Tompasobaru sebagai tindak lanjut dari kegiatan Launching Vaksinasi Sinovac yang di gelar oleh Pemkab Minsel melalui Dinas Kesehatan Minsel pada kemarin hari, dan untuk Vaksin Sinovac saat ini diprioritaskan bagi tenaga kesehatan yang merupakan garda terdepan dalam pencegahan penyebaran Covid-19,” kata Esty Karaki.

Esty Karaki juga mengatakan bahwa, untuk tahapan Vaksinasi Vaksin Sinovac bagi Nakes dan pegawai Puskesmas Tompasobaru dibagi dua tahapan, dimana pada gelombang pertama ini ada 14 Nakes yang divaksin, dan kemudian untuk 13 lainnya akan divaksin pada Senin depan (8/2).

Baca juga:  Cegah DBD, Pemdes Mokobang Lakukan Fogging

Kegiatan Launching Vaksinasi Vaksin Sinovac di Puskesmas Tompasobaru dibuka secara langsung oleh Camat Tompasobaru Drs.Jemmy Loa mewakili Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan Bupati DR.Christiany Eugenia Paruntu SE dan Wakil Bupati Franky Donny Wongkar SH.

Dalam sambutannya Camat Drs.Jemmy Loa mengatakan bahwa program Vaksinasi dengan menggunakan vaksin sinovac adalah program yang sudah dimulai dari Pemerintah Pusat, dimana Presiden Joko Widodo adalah orang pertama yang divaksin dengan Vaksin Sinovac.

“Ini merupakan salah satu cara dari berbagai upaya yang dilakukan oleh pemerintah guna pencegahan dan memutus rantai penyebaran Covid-19 yakni dengan Vaksinasi Sinovac, selain itu juga sosialisasi penerapan protokol kesehatan secara ketat terus dilakukan oleh pemerintah termasuk pemerintah kecamatan Tompasobaru, yakni dengan terus melakukan operasi yustisi pendisiplinan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan,” kata Camat Jemmy Loa.

Sementara itu Sekretaris Dinas Kesehatan Minsel Yunus Koleangan mengatakan bahwa Vaksin Sinovac telah melalui uji klinis di laboratorium sehingga telah aman untuk digunakan, jadi masyarakat atau para Nakes tak perlu khawatir dan takut untuk divaksin.
Dikatakannya pula bahwa jumlah vaksin sinovac untuk Kabupaten Minahasa Selatan berjumlah 2.400 Flacon yang sebagian telah disalurkan ke semua Puskesmas di Kabupaten Minahasa Selatan dan sebagian lagi di simpan di ruang penyimpanan Dinkes Minsel, untuk keperluan vaksin ditahap ke-dua nanti.

Baca juga:  Bhabinkamtibmas Desa Poopo Kawal Penyaluran Rastra di Desa Poopo

“Vaksin Sinovac telah melalui uji klinis dilabaratorium sehingga telah aman untuk digunakan, dan adapun fungsi dari vaksin sinovac ini adalah guna meningkatkan imunitas tubuh manusia, jadi vaksin ini bukan obat untuk menyembuhkan virus corona, tapi sebagai penangkal agar kita tak mudah terjangkit atau terpapar Covid-19, terus disiplin dalam penerapan protokol kesehatan kita cegah dan perangi penyebaran Covid-19,” ujar Koleangan.

Kegiatan Launching Vaksinasi Vaksin Sinovac di Puskesmas Tompasobaru berjalan baik dan lancar, yang dihadiri pula oleh Pemerintah Kecamatan, Polsek Tompasobaru dan Koramil 1302-18 Tompasobaru, tanpa menganggu pelayanan di Puskesmas Tompasobaru.

Selain di Puskesmas Tompasobaru, Vaksinasi Sinovac juga dilakukan kepada para Nakes yang ada di RSU Cantia Tompasobaru.

(Hengly)*