Pimpin Sertijab, Ifke Pondaag Ingatkan Penjabat HukumTua Laksanakan Tupoksi Dengan Baik Dan Penuh Tanggung Jawab

by -98 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Pemerintah Kecamatan Motoling Timur melaksanakan acara serah terima jabatan dan administrasi desa dari Penjabat HukumTua yang lama kepada Penjabat HukumTua yang baru, yang ada di lima desa dilingkungan kerja Pemerintah Kecamatan Motoling Timur.

Kegiatan Sertijab Penjabat HukumTua, yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Motoling Timur, pada Selasa 16 Maret 2021, dipimpin langsung oleh Plt Camat Motoling Timur Ifke Pondaag, yang sebelumnya diawali dengan Ibadah syukur yang dipimpin Gembala Sidang KGPM Dr.Masroni MTh. MPd.K.

Acara Sertijab Penjabat HukumTua dilaksanakan sebagai tindak lanjut, setelah sebelumnya pemerintah kabupaten Minahasa Selatan melalui Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Franky Donny Wongkar SH dan Petra Yanni Rembang STh menyerahkan Surat Keputusan Bupati tentang pemberhentian dan pengangkatan Penjabat HukumTua di lingkungan kerja Pemkab Minsel, dan di Kecamatan Motoling Timur, ada lima desa yang Penjabat HukumTua-nya mengalami pergantian.

Adapun Desa-desa yang Penjabat HukumTua mengalami pergantian pergantian sesuai SK Bupati dan disertijab-kan, yakni;

1. Desa Picuan, dari Royke Kesek kepada Richard Timporok

2. Desa Tokin, dari Fenty Kalangi kepada Mitchuryn Kaligis

3. Desa Tokin Baru, dari Deisy Mundung kepada Judy Turangan

4. Desa Karimbow, dari Lineke Wuisang kepada Jemmy Saroingsong

5. Desa Karimbow Talikuran, dari Djoni Porayow kepada Rinny Assa.

Dalam sambutannya, Camat Ifke Pondaag mengatakan kepada para Penjabat HukumTua yang baru, yang telah mendapatkan amanah dari Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan untuk melaksanakan tugas kerja sebagai Penjabat HukumTua, agar dapat melaksanakan tugas yang diamanahkan dengan baik dan benar, kerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya sebagai Penjabat HukumTua.

Baca juga:  Wabup Wongkar Hadi HUT Kabupaten Minahasa ke-590 Tahun

Ia pun berharap agar penjabat HukumTua yang baru, untuk dapat memaksimalkan potensi dan inovasi diri, dalam bekerja untuk membawa kemajuan pembangunan bagi desa yang dipimpinnya.

“Kepada para Penjabat yang baru menerima SK pengangkatan agar dapat melaksanakan tupoksi dengan baik san benar, sesuai dengan aturan dan mekanisme yang berlaku, berkoordinasi dengan jajaran lembaga desa dan DPMD Minsel, serta diharapkan dapat bekerjasama dengan jajaran perangkat desa, kepada para Penjabat HukumTua yang lama, saya ucapkan terima kasih atas dedikasi dan pengabdian yang telah ditunjukkan dan di kerjakan dalam membangun desa,” kata ifke Pondaag.

Para Penjabat HukumTua, agar pula dapat memaksimalkan tugas dan fungsi para jajaran perangkat desa, sesuai dengan ketrampilan dan potensi diri dari para perangkat desa, dimana dikatakannya slogan perubahan yang dibawa oleh FDW-PYR jangan hanya hadi formalitas semata, tapi harus benar-benar ditunjukan dan dilakukan membawa perubahan untuk kemajuan pembangunan desa yang lebih baik, lebih maju untuk kesejahteraan warga masyarakat pedesaan.

“Jabatan hanya titipan, kapanpun bisa diambil, sebagai Aparatur Sipil Negara siap ditempatkan dimanapun dan kapanpun, kalian adalah pemimpin masyarakat bukan pemimpin kelompok tertentu, jangan membuat perbedaan lepaskan semua tali perbedaan tapi rangkulah untuk satu persatuan dalam mewujudkan pembangunan didesa, dan semoga slogan perubahan bukan hanya formalitas, bukan hanya dari luar tapi juga hadir dalam diri dan diimplementasikan dalam tugas kerja sebagai Penjabat HukumTua,” tambah Ifke Pondaag.

Baca juga:  Royke Kaloh; "Kader Demokrat Minsel Siap Menangkan MEP-VT"

Dikatakannya pula bahwa sesuai ketentuan Undang-undang No.6 tahun 2014 tentang Desa, Peraturan Pemerintah No. 43 tahun 2014 tentang peraturan pelaksanaan Undang-undang No.6 tahun 2014 tentang Desa dan Peraturan Daerah Kabupaten Minahasa Selatan No.3 tahun 2016 tentang Desa,
Penjabat Hukum Tua memiliki tugas :
1. Menyelenggarakan Tugas Pemerintahan;
2. Menyelenggarakan Tugas Pembangunan;
3. Menyelenggarakan Tugas Pembinaan Masyarakat, Serta
5. Menyelenggarakan Tugas yang cukup strategis yaitu menyelenggarakan tugas dan bertanggung jawab terhadap proses pelaksanaan pemilihan Hukum Tua sampai pada Pelantikan Hukum Tua yang Definitif.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka Camat Ifke Pondaag berharap bagi para penjabat Hukum Tua yang baru diangkat dapat menjalankan amanat untuk memimpin Desa dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab, Jadilah pelopor dan motor dalam memacu akselerasi pembangunan Desa melalui daya kreativitas, inovasi dan kemandirian dalam menggali berbagai potensi dan partisipasi untuk membangun Desa dan Daerah tercinta.

Kegiatan Sertijab Penjabat HukumTua dan administrasi desa, dilingkungan kerja Pemerintah Kecamatan Motoling Timur dihadiri pula oleh Kapolsek Motoling Iptu Mulyadi Lontaan, Danramil 1302-17 Motoling Kapt.Inf Ferdinan Pedampa, Sekcam Jendry Umboh bersama Jajaran Pemerintah Kecamatan Motoling Timur, BPD dari desa yang Penjabat HukumTua mengalami pergantian, tokoh agama, tokoh masyarakat, Sekdes dan Kaur Keuangan.

(Hengly)*