Tinjau Pengoperasian IPAL dan SWRO, Anies Berharap Kebutuhan Dasar Warga Terpenuhi

by -73 views

Jakarta, transparansiindonesia.co.id – Air bersih adalah kebutuhan dasar semua orang, semua warga DKI Jakarta baik yang di daratan maupun kepulauan berhak atas kualitas air bersih yang sama baiknya. Sehingga perasaan keadilan hadir di seluruh wilayah Jakarta.

Dan pada kemarin hari (Jumat 30/04) Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau langsung pengoperasian Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) komunal dan Sea Water Reverse Osmosis (SWRO) di Pulau Kelapa Dua, Kepulauan Seribu.

Dua instalasi yang merupakan pengolahan air ini penting karena penyediaan sumber air minum di pulau atau pun pengolahan air limbah domestik, agar warga Jakarta di daratan dan di laut punya kualitas hidup yang sama.

Baca juga:  Direspon Positif Masyarakat, Program Jumat Barokah Satreskrim Polres Kampar Terus Berlanjut

Dikatakan Anies Baswedan bahwa IPAL Komunal berfungsi untuk mengubah air limbah warga pulau menjadi air yang memenuhi baku mutu, sebelum dibuang ke laut, sehingga tak menimbulkan pencemaran lingkungan.

Sementara SWRO merupakan sistem osmosis balik untuk mengubah air laut menjadi air bersih untuk kegiatan warga.

Di beberapa pulau lain, misalnya Pulau Lancang telah memanfaatkan Brackish Water Reverse Osmosis Osmosis (BWRO) yaitu alat yang berfungsi untuk mengolah air payau menjadi air minum.

Pembangunan IPAL di Pulau Kelapa Dua yang selesai Desember 2020 lalu mampu mengolah air limbah 70 meter kubik per hari. Sedangkan SWRO yang selesai dibangun tahun 2018 dan telah mengalirkan air bersih ke 100 rumah di Pulau Kelapa Dua.

Baca juga:  Diduga Edarkan Shabu, Wanita ini Ditangkap Resnarkoba Polres Kampar

Dengan adanya instalasi pengelolaan air bersih dan pengelolaan air limbah, maka selain kebutuhan dasar warga terpenuhi, sekaligus dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

“Dengan adanya pengoperasian IPAL dan SWRO ini, saya berharap kebutuhan dasar warga terpenuhi, yang juga dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung,” ujar Anies Baswedan.

Disampaikannya pula bahwa jika ingin mendatangkan wisatawan, maka yang harus dipenuhi kebutuhan dasar mereka, salah satunya air.

“InsyaAllah dengan adanya instalasi pengelolaan air bersih dan limbah ini juga dapat memajukan pariwisata di Kepulauan Seribu karena lingkungannya terjaga dan air bersih telah tersedia,” tambahnya. (***)