Berjuang 27 Tahun Berdiri GPIB Kharis, Baru Bisa Memperoleh IMB

by -28 views

Jakarta Transparansi Indonesia.co.id – Dewasa ini banyak diberitakan bahwa betapa sulitnya mengurus surat ijin mendirikan bangunan (IMB) terutama untuk gedung gereja di mana tempat umat Kristiani Beribadah.Demikian juga halnya dengan GPIB Kharis Pulo Gebang, Cakung Jakarta Timur sejak 27 tahun yang lalu berdiri baru hari ini memperoleh IMB pada Tanggal 19 Agustus 2021 demikian penjelasan Pdt. Manuel Essau Raintung sebagai Ketua Majelis Jemaat GPIB Kharis di Pulo Gebang Cakung Jakarta Timur yang baru 6 (enam) bulan ditempatkan di GPIB Kharis pada para Jurnalist yang hadir.

Mahpuz MZ. SH., M. Si., Lurah Pulo Gebang dalam kata sambutannya mengatakan “Saya berterima kasih kepada semua pihak sehingga momentum hari Kemerdekaan dibulan Agustus ini menghasilkan Surat Ijin Mendirikan Bangunan GPIB Kharis yang telah 27 tahun berdiri baru selesai ijinnya. Semua ini hasil kerja keras dari panitia pembangunan Gereja, Pdt. Manuel dan aparatur di Kelurahan Pulo Gebang bersinergi dengan baik. Sampai jam 22.00 pun saya dihubungi pihak panitia terkait dokumen dokumen yang dibutuhkan. Harapan saya dibawah kepemimpinan Pdt. Manuel Raintung, Gereja lebih peduli pada masalah sosial masyarakat sekitar srperti Gereja Katolik disebelah pimpinan Pastor Gabriel mengadakan buka puasa bersama tapi beribadah menurut keyakinan masing masing” ungkapnya.

Pdt. Manuel Raintung menjelaskan baru kali ini mengurus IMB program Relaksasi satu atap mulai dari bawah Kelurahan, Kecamatan, Walikota sampai ke tingkat Provinsi DKI Jakarta. “Untungnya semua dokumen yang diperlukan Prmda DKI Jakarta dimiliki GPIB Kharis ada” . Lebih lanjut Pdt. Manuel Raintung mengatakan “Mengucap syukur yang tiada hentinya karena kerinduan semua gereja memiliki legaltas yang sah seperti IMB yang kami terima saat ini” ungkapnya.

Pdt. Manuel Essau Raintung sudah dikenal banyak orang terkait gerakannya di Oikumene
mulai dari Sekretaris Umum PGI Wilayah Jawa Timur (1995 – 2000), Sekretaris Umum PGI Wilayah DKI Jakarta (2005 – 2010 dan 2010 – 2015), Ketua Umum PGI Wilayah DKI Jakarta (2015 – 2021).

Sekretaris Umum FKUB Provinsi, DKI Jakarta (2012 – 2017 dan 2017 – 2022).

Toni

Baca juga:  Pilkada Serentak Digelar Sesuai Jadwal, Demokratis dan Bebas Covid-19