78 KPM Pontak Satu, Terima BLT-DD April- Mei

by -86 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Sebanyak 78 yang masuk dalam Keluarga Penerima Manfaat Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (KPM BLT-DD) yang ada di Desa Pontak Satu, Kecamatan Ranoyapo menerima uang tunai Rp.600.000.

Bantuan langsung tunai dana desa yang disalurkan kepada sebanyak 78 KPM Pontak Satu, adalah BLT-DD untuk bulan April dan Mei, dimana setiap bulannya setiap KPM menerima uang tunai Rp.300.000.

Sehingga untuk BLT-DD dua bulan (April, Mei) setiap KPM menerima uang tunai Rp.600.000 dan penyalurannya dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Pontak Satu kepada 78 KPM pada Kamis 2 Juni 2022, bertempat di Balai Pertemuan Umum Desa Pontak Satu.

Penjabat HukumTua Desa Pontak Satu Eltom Soputan, mengatakan bahwa penyaluran BLT-DD tersebut adalah untuk dua bulan yakni April dan Mei, setelah sebelumnya Pemdes Pontak Satu telah menyalurkan BLT-DD untuk triwulan pertama ditahun 2022, pada beberapa waktu lalu.

Baca juga:  Di Verifikasi KPU Minsel, Partai Golkar Minsel Dinyatakan Lolos

“Menindak-lanjuti akan penyaluran BLT-DD Triwulan pertama beberapa waktu lalu, maka saat ini kita salurkan BLT-DD untuk bulan April dan Mei, dimana sebanyak 78 KPM sesuai hasil Musdes menerima manfaat BLT-DD yang anggarannya telah dialokasikan melalui APBDes Pontak Satu tahun 2022,” kata Penjabat HukumTua Eltom Soputan.

Ia pun mengingatkan kepada para KPM yang menerima manfaat BLT-DD, untuk dapat mempergunakan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya, pergunakan sesuai dengan kebutuhan dan bukan sesuai keinginan, karena tujuan dari bantuan tersebut adalah dalam rangka pemulihan ekonomi masyarakat, yang diharapkan akan berdampak pada peningkatan roda perekonomian masyarakat.

Ditahun 2022 ini, setiap desa penerima manfaat anggaran dana desa diharuskan mengalokasikan anggaran untuk BLT-DD minimal sebesar 40 persen dari pagu Dandes, hal tersebut dalam rangka pemulihan ekonomi nasional.

Sehingga, sesuai hasil Musdes penetapan KPM BLT-DD, maka pemerintah desa bersama lembaga desa menetapkan sebanyak 78 KPM, yang dimana setelah dikalkulasikan, anggaran untuk BLT-DD telah memenuhi standar minimum 40 persen dari pagu Dandes sesuai dengan aturan yang dikeluarkan pemerintah melalui kementerian terkait.

Baca juga:  Kebijakan yang Pro Rakyat, Bupati CEP Puji Presiden Joko Widodo

Dalam penyaluran BLT-DD Pontak Satu kepada 78 KPM, oleh pemerintah desa bekerja sama dengan Puskesmas Poopo dan pihak Polsek Ranoyapo serta Koramil Motoling, sebelumnya juga melaksanakan giat Vaksinasi, dimana setiap penerima manfaat BLT-DD diwajibkan untuk menerima vaksinasi terlebih dahulu.

Untuk anggaran dandes Pontak Satu tahun 2022, selain dialokasikan untuk BLT-DD, pemerintah desa sebagaimana yang tertuang dalam APBDes Pontak Satu 2022, juga mengalokasikan kegiatan penanganan pandemi Covid-19 dan kegiatan ketahanan pangan desa yang anggarannya sebesar 20 persen dari pagu Dandes, serta kegiatan pemberdayaan masyarakat.
(Hengly)*