Rakor TPP Kemendes PDTT Cluster Minsela, TA Soroti Kinerja PD Dan PLD

by -187 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Tim Pendamping Profesional (TPP) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Cluster II Minsel melaksanakan rapat koordinasi dan evaluasi yang dihadiri oleh koordinator kabupaten P3MD Minsel, Tenaga Ahli, serta Korcam, TPP Kecamatan dan pendamping desa.

Kegiatan rakor TPP Cluster Minsela tersebut dilaksanakan diwilayah Kecamatan Ranoyapo tepatnya di BPU Desa Poopo pada Rabu, 21 Juni 2022.
Berbagai hal menjadi pokok bahasan dalam rapat koordinasi tersebut, serta pula mengevaluasi akan kinerja dari masing-masing PD dan PLD sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang ada.

Tim Pendamping Profesional yang ada diwilayah Cluster II Minsel atau Cluster Minsela, diberikan kesempatan menyampaikan presentasi dari setiap kecamatan masing-masing, terkait progres serapan dana desa disetiap desa yang ada diwilayah tugas masing-masing.

Baca juga:  Ajak Masyarakat Bakobong, Pemdes Poopo Utara Gelar Pelatihan Kelompok Pertanian

Dikesempatan itu pula Tenaga Ahli P3MD Minsel Jusak Sengkey S.IK dengan tegas menyoroti akan kinerja PD dan PLD yang kurang optimal, bahkan ia sempat menyinggung akan keseriusan dari pendamping desa dalam melaksanakan tugas, dimana bila sudah tak serius lagi melaksanakan tugas akan diberikan surat peringatan, bahkan bisa sampai pada rekomendasi pemberhentian.

Begitupun, tentang pelaporan dari masing-masing PD dan PLD tentang kegiatan-kegiatan yang ada di desa-desa harus secepatnya di update ke grup WA yang telah ada.

Begitupun dari tenaga ahli P3MD lainnya yang menyampaikan tentang evaluasi kinerja dari setiap masing-masing PD dan PLD, dimana harus terus melakukan koordinasi dengan pihak pemerintah desa, sampai sejauh mana realisasi serapan dana desa, dan kegiatan lainnya yang ada di desa masing-masing sesuai dengan desa dampingan yang ditugaskan.

Baca juga:  Sukses Laksanakan Tugas, Harits Lokas; "Terima Kasih Paskibra Modoinding"

Rakorev TPP Kemendes PDTT Cluster Minsela tersebut dilaksanakan dalam rangka bagaimana meningkatkan kinerja dari setiap PLD dan PD, karena menurut Jusak Sengkey saat ini Minsel merupakan urutan ke-tiga dari bawah terkait inputan Data Penyaluran Dana Desa di Web Monev Dana Desa Kemendes PDTT dari Manual Excel, dan hal tersebutlah merupakan tugas dari PLD.

Jadi, optimalisasi kinerja dari PLD diharapkannya harus lebih ditingkatkan guna menaikkan rangking Minsel dalam hal inputan penyaluran Dandes di web monev DD Kemendes PDTT.

Selain dihadiri oleh TPP disetiap kecamatan cluster Minsela, PLD dan PD, Rakorev tersebut juga dihadiri oleh para TA P3MD Minsel diantaranya; Jusak G.H. Sengkey, S.IK, Denysa A. Weku SH, Moody Bella SE, Donald Mukuan SE, Gladies Sangian ST.
(Hengly)*