MPLS SMPN 2 Ranoyapo Diikuti 45 PDB, Novi Tewal Sampaikan Hal Ini

by -188 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Ranoyapo mulai melaksanakan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru ditahun ajaran 2022/2023.

MPLS di SMPN 2 Ranoyapo, sebagaimana disampaikan oleh Kepala Sekolah Novi Tewal SPd. MM bahwa akan dilaksanakan selama tiga hari kedepan sejak Rabu (13/7) hingga Jumat (15/7), dan diikuti oleh sebanyak 45 siswa peserta didik baru (PDB).

Giat MPLS di SMPN 2 Ranoyapo diawali dengan acara pembukaan, yang selanjutnya dilaksanakan penyematan tanda peserta oleh Kepala Sekolah kepada para peserta.

Tentunya kegiatan MPLS di SMPN 2 Ranoyapo dilaksanakan untuk bagaimana memperkenalkan lingkungan sekolah kepada para siswa peserta didik baru yang saat ini duduk di kelas VII.

Dilaksanakan selama tiga hari, para siswa peserta didik baru akan mendapatkan materi dari para pembawa materi yang merupakan kepala sekolah dan para guru di sekolah tersebut.

Baca juga:  Hadirkan 6 Pilihan Jurusan, Edni Repi; Ayo.. Gabung Bersama SMK Negeri 1 Tompasobaru

Adapun materi-materi yang akan diberikan kepada para siswa PDB diantaranya kesadaran berbangsa dan bernegara, wawasan wiyata mandala, Pramuka, cara belajar efektif, pendidikan karakter, tata cara siswa, pembinaan mental agama dan kurikulum tiga belas (13).

Disampaikan kepala sekolah Novi Tewal bahwa kegiatan MPLS memang sangat penting dilaksanakan dimana selain pengenalan lingkungan sekolah baik sarana dan prasarana serta tenaga pendidik yang ada, kegiatan MPLS juga sebagai membentuk karakter siswa dari masa kanak-kanak ke masa remaja.

Dimana diusia yang memasuki masa remaja, tentunya ada hal-hal baru yang ingin diketahui oleh para peserta didik baru, maka dari itu perlunya bimbingan dan arahan dari lingkungan sekolah terlebih para tenaga pendidik untuk mengarahkan para siswa ke hal-hal yang positif.

“Memasuki SMP, dimana usia para siswa berada dalam fase dari anak-anak ke remaja yang tentunya banyak hal-hal baru yang ingin mereka ketahui dan juga akan ada masa sistem mencoba, maka sangat perlu bimbingan dari pihak sekolah dimana mereka menempuh pendidikan untuk membimbing dan mengarahkan mereka ke hal-hal yang positif,” kata Kepsek Novi Tewal.

Baca juga:  98 Siswa Mendaftar Sebagai PDB Di SMPN 1 Modoinding

MPLS SMPN 2 Ranoyapo dilaksanakan juga guna sebagai mengembangkan minat dan bakat dari para siswa, dimana para siswa akan diarahkan sesuai dengan bakat yang dimiliki, dan tentunya digembleng agar merasa nyaman dan betah mengikuti kegiatan belajar mengajar disekolah.

“Tentunya pula perlu kerjasama dan peran aktif dari para orang tua siswa, untuk terus memberikan bimbingan dan arahan agar para siswa tidak berhenti sekolah, karena waktu dari para siswa itu lebih banyak berada dilingkungan keluarga,” tambah Novi Tewal.

Lanjutnya, usai pelaksanaan MPLS, selanjutnya akan dilanjutkan dengan kegiatan belajar mengajar (KBM) yang akan dimulai pada pekan depan.

(Hengly)*