Upaya Peningkatan Perekonomian Warga, Pemdes Kinalawiran Rabat Beton Jalan Perkebunan

by -254 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Sejak digelontorkan oleh pemerintah beberapa tahun yang lalu, dan setiap tahunnya setiap desa mendapatkan manfaat bantuan anggaran dana desa, maka pemanfaatan dana untuk kemajuan pedesaan telah banyak dirasakan dampaknya oleh masyarakat pedesaan.

Berbagai pembangunan infrastruktur desa dilakukan dalam upaya meningkatkan roda perekonomian masyarakat, melalui tersedianya infrastruktur penunjang perekonomian, serta pula tersedianya lapangan kerja bagi masyarakat pedesaan.

Anggaran dana desa ditahun 2022 ini, oleh pemerintah pusat melalui kementerian terkait mengharuskan pemerintah desa untuk mengalokasikan anggaran dana untuk kegiatan penanganan pandemi Covid-19 sebesar 8 persen dari pagu Dandes.

Begitupun ada alokasi anggaran untuk ketahanan pangan desa sebesar 20 persen dari pagu Dandes dan BLT-DD yang alokasi anggarannya harus minimal 40 persen dari pagu Dandes.

Dan pemerintah desa Kinalawiran, Kecamatan Tompasobaru, Kabupaten Minahasa Selatan tentunya telah memenuhi persyaratan tersebut, dan melalui musyawarah desa telah ditetapkan berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan yang dibiayai melalui anggaran dana desa, dan tertuang dalam APBDes Kinalawiran tahun 2022.

Dalam APBDes tahun 2022 Desa Kinalawiran, juga terpampang kegiatan peningkatan jalan kebun yang ada didesa Kinalawiran, yakni rabat beton jalan desa yang berada di perkebunan Tengkorak, yang anggarannya dialokasikan melalui anggaran dana desa.

Baca juga:  Corneles Mononimbar Ikuti Sosialisasi di Kantor Imigrasi Manado

Penjabat HukumTua Desa Kinalawiran Romel Walingkas SE, mengatakan bahwa pengerjaan rabat beton jalan tersebut, memang sangat penting untuk dilakukan, karena setelah dilakukan perintisan serta perkerasan jalan, maka harus ditindak lanjuti dengan peningkatan jalan yakni rabat beton, agar manfaat dari pembangunan jalan tersebut dapat benar-benar dirasakan oleh masyarakat.

Disampaikannya pula bahwa akses jalan yang dilakukan perkerasan jalan tersebut adalah akses jalan yang sehari-harinya dilalui oleh masyarakat yang hendak pergi dan pulang dari kebun dan membawa hasil perkebunan maupun pertanian masyarakat Desa Kinalawiran maupun masyarakat lainnya yang sering melalui akses jalan tersebut.

“Jalan yang dilakukan peningkatan yakni rabat beton ini, adalah sangat penting untuk dilakukan peningkatan, karena juga sebagai penonggak roda perekonomian masyarakat, dalam rangka meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat pedesaan khususnya masyarakat desa Kinalawiran,” kata Romel Walingkas.

Pelaksanaan bidang pembangunan desa, dalam hal ini perkerasan jalan kebun menelan anggaran dari dana desa sebesar Rp.148.541.720 sudah termasuk pajak, dengan volume panjang 183 meter dan lebar 3 meter, berlokasi di perkebunan Tengkorak desa Kinalawiran.

“Biaya peningkatan jalan yakni rabat beton jalan yang berada diperkebunan Tengkorak desa Kinalawiran, dialokasikan melalui anggaran dana desa, sebesar Rp. 148.541.721, dan itu sudah termasuk pajak, dengan volume panjang 183 meter dan lebar 3 meter,” tambah Penjabat HukumTua Romel Walingkas.

Baca juga:  Pemdes Poopo Barat Salurkan BLT-DD Triwulan Ke-II, Novita Ingatkan Hal Ini

Kepada awak media www.transparansiindonesia.co.id penjabat HukumTua Romel Walingkas mengatakan bahwa pelaksanaan rabat beton jalan tersebut, diawali dengan ibadah syukur peletakan batu pertama, dan pelaksanaan pengerjaannya telah selesai, sehingga saat ini warga masyarakat sudah dapat merasakan manfaat dari pelaksanaan rabat beton jalan, dimana keadaan jalan sudah sangat baik, sehingga mobilitas masyarakat untuk pergi dan pulang dari kebun menjadi lancar.

Kepada warga masyarakat Romel Walingkas berharap setelah pelaksanaan pengerjaan rabat beton jalan telah selesai dilaksanakan, agar dapat mampu menjaga dan merawat akses jalan yang baru dilaksanakan rabat beton agar dapat bertahan lama, dan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh warga masyarakat, karena tujuan dari anggaran dana desa salah satunya yakni tersedianya infrastruktur pedesaan penunjang peningkatan roda perekonomian masyarakat pedesaan.

Anggaran dana desa Kinalawiran ditahun 2022 ini mendapatkan manfaat bantuan sebesar Rp. 1.064.301.000 yang dialokasikan untuk beberapa kegiatan, seperti BLT-DD, ketahanan pangan desa, penanganan pandemi Covid-19, kegiatan pemberdayaan masyarakat, kegiatan PKK serta beberapa kegiatan lainnya yang tertuang dalam APBDes Kinalawiran tahun 2022.
(Hengly)*