FDW-PYR Hadiri Peresmian Bendungan Kuwil Oleh Presiden Jokowi

by -79 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Sulawesi selama dua hari yakni Kamis – Jumat (19-20/01).

Kunjungan kerja Presiden Joko Widodo di Sulawesi Utara dalam rangka melakukan beberapa agenda kegiatan salah satunya yakni meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan.

FDW-PYR foto bersama Presiden Joko Widodo dan sejumlah kepala daerah

Dalam peresmian Bendungan Kuwil Kawangkoan tersebut, dihadiri oleh para kepala daerah dan wakil kepala daerah di Sulawesi Utara, dimana Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Franky Donny Wongkar SH dan Petra Yanni Rembang MTh (FDW-PYR) juga ikut menyambut dan menghadiri agenda kegiatan peresmian Bendungan Kuwil.

Franky Donny Wongkar SH dan Petra Yanni Rembang MTh terlihat ikut hadir dan bahkan melakukan foto bersama dengan Presiden Joko Widodo dan Gubernur dan Wakil Gubernur Olly Dondokambey dan Steven Kandouw usai kegiatan peresmian Bendungan.

Baca juga:  Panggil Jajaran Polri Ke Istana, Jokowi Sampaikan Hal Ini

Untuk diketahui Bendungan Kuwil yang berada di Desa Kawangkoan, Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara, dimulai pembangunannya pada medio 2016 lalu.

Dalam sambutannya pada peresmian Bendungan Kuwil, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa bendungan yang dibangun tersebut memiliki banyak manfaat bagi masyarakat dan dapat digunakan oleh masyarakat.

Dimana Bendungan Kuwil memiliki kapasitas tampung 26 juta meter kubik dan luas genangan 157 hektare.

Nantinya keberadaan Bendungan Kuwil, juga dapat dimanfaatkan untuk pembangkit listrik, selain itu pula Bendungan Kuwil manfaatnya adalah dapat mengurangi resiko banjir terutama di Kota Manado.

Selain manfaat untuk sektor pertanian guna mengairi persawahan, Bendungan Kuwil juga menjadi salah satu icon pariwisata.

Baca juga:  Respon Permintaan Warga, Giat Jempol Disdukcapil Lakukan Perekaman e-KTP di Modoinding
Rangkaian kegiatan peresmian Bendungan Kuwil yang dihadiri FDW-PYR

Pembangunan Bendungan Kuwil, dilakukan dengan dilatar belakangi oleh peristiwa banjir bandang pada tahun 2014 lalu yang melanda Kota Manado.
Sehingga diharapkan dengan adanya bendungan kuwil potensi-potensi banjir dapat direduksi kembali.

Ikut bersama Presiden dalam peresmian Bendungan Kuwil yakni sejumlah Menteri Kabinet diantaranya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Hadir pula Anggota DPR-RI Jendri Keintjem, Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Steven Kandouw bersama jajaran Forkopimda Sulut, Dirut Wijaya Karya Agung Waskito, Dirut Nidya Karya Haedar A. Karim, sejumlah kepala daerah dan wakil kepala daerah di Sulawesi Utara, termasuk didalamnya Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar SH dan Petra Yanni Rembang MTh.
(Hengly)*