Ratusan Juta Rupiah Uang Negara Ludes Total Untuk Pembangunan Satu Unit Gedung BUMdes Batu Sasak Patut di Pertanyakan

Uncategorized213 Dilihat

Kampar kiri Hulu, Transparansi Indonesia.co.id  Di hembus beredar informasi korupsi berbanderol ratusan juta rupiah pada tahun 2022 lalu yakni untuk pembangunan satu unit gedung BUMdes di salah satu desa Batu Sasak kecamatan Kampar kiri Hulu di fiktif uang ludes diduga Cukil Kades serta direktur BUMdes setempat.

Alur informasi ini berawal dari laporan salah seorang masyarakat setempat kepada Transparansiindonesia, Senin (15/5/2023).

“Satu Unit pembangunan gedung BUMdes telah di ajukan sebesar dua ratus Juta Rupiah (Rp.200.000,000), di tambah modal perbelanjaan BUMdes sebayak tiga puluh delapan juta rupiah (Rp. 38.000,000) namun hingga saat ini bangunan Ruko BUMdes nihil alias tidak didirikan,” kata salah satu warga setempat.

Warga yang tidak mau di sebutkan nama nya juga membeberkan, gagal nya pengelokasian satu unit pembangunan gedung BUMdes pada 2022 silam tak lepas dari peran nya Direktur BUMdes

Baca juga:  Nilai Program Kerja Bupati Catur Tak Terwujud di Kampar Kiri Hulu, Mahasiswa Ngadu ke Jokowi

Alasan nya di nilai dia orang yang memimpin atau yang mengendalikan serta yang bertanggung jawab atas keseluruhan aktivitas Bumdes mulai dari perencanaan usaha, pelaksanaan kegiatan, manajemen dan keuangan adalah direktur BUMdes. apalagi saat ini kalau di pandang kasat mata BUMdes di desa Batu Sasak sudah lama tidak berjalan sebagai mestinya yang di harapkan masyarakat, ungkap nya.

“Tujuan BUMDes seperti dalam Permendesa PDT dan Transmigrasi No. 4/2015 adalah, meningkatkan perekonomian desa, meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi desa namun kita sayang kan BUMdes desa Batur Sasak sudah lama tidak berfungsi,” pungkasnya.

Baca juga:  Polda Riau Gelar Konferensi Pers Ungkap Kasus Pembunuhan Pengusaha Rental Mobil

Sementara permintaan pertanyaan Konfirmasi wartawan bersama direktur BUMdes Batu Sasak tertulis sudah di layang kan.

pertanyaan nya, Untuk anggaran di tahun 2022 berapa dana BUMdes di desa Batu Sasak di kucurkan dan mengapa dan kenapa BUMdes Desa batu Sasak tidak berjalan sesuai dengan harapan masyarakat, tulis wartawan kepada direktur BUMdes.

Direktur BUMdes hanya terkesan diam bahkan wartawan telah berupaya berulang kali menghubungi direktur BUMdes melalui via telepon WhatsApp direktur BUMdes Batu Sasak. seperti anggap di anggap centeng centeng saja Konfirmasi wartawan.

Media ini patut menduga bahwa gagalnya pasca proyek infrastruktur satu unit untuk pembangunan gedung BUMdes pada tahun 2022 silam ada keterlibatan direktur BUMdes dan Kepala desa setempat.

(Tim)