Manfaatkan Dana Desa, Pemdes Lompad Tingkatkan Infrastruktur Jalan

Minsel136 Dilihat

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Bantuan dari pemerintah terus digulirkan kepada warga masyarakat, salah satunya melalui bantuan anggaran dana desa yang diperuntukkan bagi setiap desa di wilayah negara Indonesia.

Salah satu desa yang mendapatkan bantuan anggaran dana desa, adalah desa Lompad, Kecamatan Ranoyapo, Kabupaten Minahasa Selatan.

Ditahun 2023 ini, bantuan anggaran dana desa untuk desa Lompad sebagaimana hasil musyawarah desa, salah satunya akan membiayai kegiatan pembangunan infrastruktur desa.

Dan untuk pembangunan infrastruktur desa, oleh pemerintah dan masyarakat desa Lompad akan melaksanakan pengerjaan peningkatan infrastruktur jalan desa yakni pavinisasi jalan desa.

Dimana, keberadaan jalan desa yang baik dan memadai memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat desa Lompad untuk menunjang aktivitas perekonomian masyarakat.


Sebelum dilaksanakan kegiatan pengerjaan pavinisasi jalan desa, diawali dengan ibadah syukur peletakan batu pertama, dimana ibadah tersebut dipimpin oleh Khadim Pdt. Marjam Janis M.Teol.

Penjabat HukumTua Desa Lompad, Stanley Purukan mengatakan bahwa untuk kegiatan pelaksanaan pengerjaan pavinisasi jalan desa tersebut menelan anggaran dana desa sebesar Rp. 292.985.950 dan jumlah anggaran tersebut sudah termasuk pajak.

Baca juga:  Bersumber Dari Dana Desa, Pemdes Mopolo Bagikan Makanan Tambahan Melalui Kegiatan Posyandu

Dan untuk volume pekerjaan yakni panjang 275 meter dan lebar 3,5 meter, dan lokasi pengerjaan berada di Jaga Lima (5) Desa Lompad.

“Pengerjaan pavinisasi jalan desa tersebut menelan anggaran sebesar Rp. 292.985.950 sudah termasuk pajak, dengan volume panjang 275 meter dan lebar 3, 5 meter,” ujar Penjabat HukumTua Stanley Purukan.

Adapun sistem dan proses pelaksanaan pengerjaan pavinisasi jalan desa tersebut, dilaksanakan dengan sistem padat karya tunai dana desa, dimana masyarakat dilibatkan langsung dalam proses pengerjaan.

Sehingga, masyarakat pedesaan selain mendapatkan manfaat tersedianya infrastruktur jalan yang baik, juga masyarakat mendapatkan lahan pekerjaan melalui peningkatan infrastruktur jalan tersebut, dan tentunya berdampak pada pendapatan ekonomi keluarga.

Anggaran dana desa Lompad ditahun anggaran 2023 ini, selain dialokasikan untuk kegiatan pembangunan infrastruktur desa, juga dialokasikan untuk bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD).

Baca juga:  Pemdes Lompad Salurkan BLT-DD Triwulan Ke-II Kepada 82 KPM

Selain alokasi untuk BLT-DD, dana desa Lompad juga akan dialokasikan untuk kegiatan program ketahanan pangan desa, kegiatan pemberdayaan masyarakat, serta kegiatan lainnya sesuai dengan apa yang tertuang dalam APBDes Lompad tahun 2023.

Stanley Purukan pada kesempatan tersebut usai ibadah peletakan batu pertama pengerjaan pavinisasi jalan, mengatakan agar warga masyarakat dapat terus mendukung dan mensupport program-program kegiatan pembangunan yang ada di dalam desa.

Karena hal tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan roda perekonomian masyarakat, yang akan berdampak pada tingkat kesejahteraan masyarakat desa, dan mewujudkan desa Lompad yang maju dan mandiri.

“Saya mengajak kepada kita semua elemen masyarakat desa Lompad, untuk bekerja sama, mendukung dan mensupport program-program kegiatan pemerintah, dalam rangka mewujudkan desa Lompad yang maju dan mandiri,” ajak Stanley Purukan.

Dari pantauan awak media ini dilokasi pengerjaan, terlihat puluhan warga terlibat langsung dalam proses pengerjaan pavinisasi jalan desa tersebut.
(Hengly)*