SMPN 1 Ranoyapo Terima 34 Siswa Baru Di Tahun Ajaran 2023/2024

Minsel306 Dilihat

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Sekolah menengah pertama (SMP) Negeri 01 Ranoyapo yang terletak di desa Pontak, pada tahun ajaran 2023/2024 menerima sebanyak 34 siswa baru.

34 siswa baru yang mendaftar di SMP Negeri 01 Ranoyapo adalah merupakan siswa baru lulusan sekolah dasar (SD), dengan perincian 19 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki.

Kepala Sekolah Menengah Pertama 01 Ranoyapo, Rita Tompodung S.Pd mengatakan bahwa 34 siswa baru yang kini duduk di kelas VII sebelumnya telah mengikuti masa pengenalan lingkungan sekolah.

MPLS yang dilaksanakan di SMPN 1 Ranoyapo digelar selama 3 hari, dimana melalui kegiatan tersebut memberikan pengenalan kepada para siswa baru tentang keadaan lingkungan sekolah serta aturan dan tata tertib sekolah.

Kepada awak media ini, Kepala Sekolah Rita Tompodung SPd mengatakan bahwa dalam penerimaan siswa baru, pihaknya menerapkan sistem zonasi dan prestasi, sehingga umumnya para siswa baru yang mendaftar di SMPN 1 Ranoyapo adalah masyarakat desa Pontak dan Pontak Satu.

Baca juga:  T/A 2023/2024, SMP Negeri 6 Ranoyapo Terima 12 Siswa Baru

Ia pun memotivasi para siswa baru yang duduk di kelas VII, agar cepat beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan berbaur dengan kakak-kakak kelas yang duduk di kelas VIII dan kelas IX.

“Para siswa baru diharapkan untuk cepat beradaptasi dengan lingkungan sekolah, karena lingkungan sekolah SMP tentunya berbeda dengan SD, jadi berharap agar mentalitas dan karakter dari para siswa dapat terbentuk disekolah ini, fokus dalam kegiatan belajar dan jangan mudah terpengaruh dengan hal-hal negatif,” kata Kepsek Rita Tompodung SPd.

Dikatakannya pula bahwa ditahun ajaran yang lalu yakni tahun ajaran 2022/2023 SMPN 1 Ranoyapo juga berhasil meluluskan sebanyak 28 siswa, dan kini mereka telah melanjutkan studi ke jenjang selanjutnya yakni di tingkat SMA maupun SMK.

Baca juga:  Dilalap Sijago Merah, Satu Rumah di Desa Wakan Rata Tanah

“Dalam rangka mewujudkan program-program pendidikan di SMP Negeri 01 Ranoyapo dan upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia, maka tentunya pula dari pihak sekolah sangat mengharapkan peran aktif dan peran serta para orang tua siswa maupun pemerintah agar SMP Negeri 01 dapat menjadi sekolah yang unggul dan mampu melahirkan manusia-manusia yang berkualitas dan berkompeten,” jelas Kepsek Rita Tompodung.

Ditambahkan Kepsek Rita Tompodung pula bahwa saat ini dalam gelaran O2SN tingkat Kabupaten Minahasa Selatan, pihak SMP Negeri 01 Ranoyapo berhasil mengirimkan satu siswa yakni Theresia Palapa dan mengikuti pertandingan olahraga dicabang olahraga Renang.
(Hengly)*