Budaya Hidup Bersih Masyarakat Minsel Mulai Meningkat

by -448 views

  Amurang/transparansiindonesia.com – Gaung Adipura untuk Kabupaten Minahasa Selatan menggema dimana-mana, baik itu lewat pemberitaan Media, maupun lewat status di medsos, hal tersebut dimaksudkan agar program pemerintah kabupaten Minahasa Selatan untuk meraih Adipura 2018 alan tercapai.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Minahasa Selatan Roi Sumangkut ST, mengatakan budaya masyarakat Minsel untuk berprilaku hidup bersih mulai meningkat, hal ini dikarenakan upaya pemerintah kabupaten untuk terus mensosialisasikan kebersihan lingkungan yang merupakan salah satu item penilaian dalam Adipura terus gencar dilakukan, yang tentunya juga ditopang dengan berbagai program pendukung, seperti pilot project Bank Sampah dan kegiatan Jumat Bersih yang wajib dilaksanakan setiap ASN dilingkup Pemkab Minsel.

Baca juga:  Pemdes Pinasungkulan Utara Gelar Upacara Pengibaran Bendera di Tengah Hamparan Tanaman Holtikultura

“Budaya hidup bersih dikalangan masyarakat minsel mulai ada peningkatan, hal ini berkat kerjasama semua pihak, stakeholder terkait, mulai terjalin, seperti keberadaan bank sampah yang mulai dimanfaatkan oleh masyarakat, dan program Jumat Bersih dilingkup Pemkab Minsel yang wajib dilaksanakan oleh setiap ASN.” kata Sumangkut.

Iapun mengatakan dengan adanya berbagai program yang dilaksanakan semakin menunjukan perubahan kota menuju ke arah yang lebih baik, dimana sampah-sampah yang dahulunya berserakan disepanjang jalan Amurang-Tumpaan, kini mulai tidak terlihat lagi, ini semua berkat kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pasa tempatnya semakin baik.

Sumangkut pun tak menampik ketika ditanya mengenai masih banyaknya masyarakat yang membuang sampah dipinggir jalan di kawasan Minhasa Selatan Atas (Minsela), menurutnya itu tinggal bagaimana kita terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat, bagaimana sampah itu bukan saja tanggung jawab pemerintah, tapi juga tanggung jawab kita semua masyarakat Minahasa Selatan, karena bila lingkungan kita bersih, toh kita juga yang menikmatinya.

Baca juga:  'Sampah Jadi Berkat' Rumoong Bawah Kelurahan Pertama Sosialisasi Pembentukan Bank Sampah

“Jadi mari kita terus topang dan dukung program CEP-FDW (Clean Environmental Programme For Districts Wellness) yang digagas oleh Ibu Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE dan Bapak Wakil Bupati Franky Donny Wongkar SH, dengan cara terus memelihara kebersihan lingkungan.” tambah Kadis Roi Sumangkut, yang dikenal sangat dekat dengan para wartawan.  (Hengly/TI)