Di Gagas Mahasiswa Profesi Ners Unsrat, PMI Minsel, Dinkes dan BPJS Gelar Baksos Pengobatan Gratis dan Sosialisasi Kesehatan

by -185 views

 Minsel/transparansiindonesia.com – Peduli dengan kesehatan masyarakat, para mahasiswa dari peofesi Ners, program study Keperawatan fakultas Kedokteran Universitas Samratulangi, bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia Kabupaten Minahasa Selatan (PMI-Minsel), Dinas Kesehatan Minsel dan BPJS cabang Minsel-Mitra, melaksanakan kegiatan bakti sosial dan pengobatan gratis bagi masyarakat yang ada di Kecamatan Motoling.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin (12/2/2018) bertempat di Balai Pertemuan Umum (BPU) Desa Motoling Satu, dan dibuka langsung oleh Camat Motoling Cherman Sengkey.

Sekretaris PMI-Minsel Roy Tambingon SE, dalam sambutannya mewakili Ketua PMI Minsel dr.Michaela Elsiana Paruntu MARS (MEP), mengatakan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan ini, dan PMI Minsel akan terus mendukung kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan seperti ini, dimana lewat kegiatan ini masyarakat dapat memperoleh pemeriksaan kesehatan secara gratis.

Dalam kesempatan itu juga Ketua PMI-Minsel dr.Micha Paruntu (sapaan akrab ketua PMI-minsel) mengatakan bahwa PMI-Minsel akan terus ada ditengah-tengah masyarakat untuk membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan, seperti yang telah dilakukan akhir-akhir ini dalam membantu dan mengevakuasi masyarakat yang terkena dampak bencana, baik itu tanah longsor maupun bencana banjir, dan kebakaran.

Baca juga:  Bupati Tetty Paruntu Hadiri Pentahbisan Pastori GMIM 'Bethesda' Ongkaw, Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan

“Namun perlu juga dukungan dan sokongan dari maayarakat untuk terus mensukseskan setiap program dari PMI-Minsel” kata Micha Paruntu yang juga adalah Nominasi Ketua KPRS GMIM, melalui Sekretaris Roy Tambingon.

Sementara itu Ketua PMI Kecamatan Motoling dr.Ivana Flora Kontu, menyampaikan beberapa kegiatan yang nantinya akan dilakukan oleh PMI Motoling seperti kegiatan donor darah yang akan dilaksanakan akhir bulan ini, dan perlu peran serta masyarakat dalam kegiatan donor darah ini.

Kepala BPJS Kesehatan Ferry Toar yang hadir dalam kegiatan ini mensosialisasikan bagaiaman menggunakan dan manfaat dari BPJS selaku badan yang menyelenggarakan jaminan sosial kesehatan di Indonesia. Ia juga menambahkan bahwa saat ini masyarakat Minsel boleh berbangga karena Bupati Minahasa Selatan sudah memprogramkan masyarakat Minsel akan tercover pelayanan kesshatannya dengan adanya Universal Health Coverage atau UHC.

  Dalam pemeriksaan gratis ini Dinas Kesehatan Minsel mengirimkan beberapa dokter dan tenaga medis, serta obat-obatan ke dalam kegiatan yang disambut dengan antusias oleh masyarakat Motoling, terbukti dengan sekitar ratusan warga yang mendaftar dalam kegiatan pengobatan gratis ini.

Kadis Kesehatan Minsel dr.Ternie Paruntu melalui Sekretaris Dinas Frely Turangan ketika dihubungi oleh jurnalist transparansiindonesia.com menyampaikan bahwa Dinkes Minsel mendukung penuh kegiatan ini, dengan mengirimkan beberapa tenaga medis dan obat-obatan dalam kegiatan Baksos Pengobatan Gratis ini, dan kiranya kegiatan ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat, demi mewujudkan masyarakat Minsel Hidup Sehat.

Baca juga:  Forkopimca Tompasobaru Dapati Puluhan Pelanggar Dalam Giat Operasi Yustisi

Koordinator Mahasiswa Profesi Ners Unarat Angkatan VII, Reza Ramadi menyampaikan berterima kasih kepada PMI-Minsel, yang didalamnya PMI kecamatan Motoling, Dinas Kesehatan Minsel dan BPJS yang telah turut membantu pelaksanaan bakti sosial pengobatan gratis dan sosialisasi ini, serta semua stake holder yang sudah turut berperan aktif menunjang kegiatan ini.

Kegiatan yang diikuti oleh ratusan warga ini, juga dihadiri oleh Mewakili Ketua PMI-Minsel dr.Micha Paruntu, hadir sekretaris Roy Tambingon SE, Wakil Ketua bidang pelayanan kesehatan dan bakti sosial dr.Erwin Schouten, Anggota sekaligus Korwil Maudy Tiwa, Ketua PMI Motoling dr.Ivana Kontu, hadir juga kepala BPJS Minsel-Mitra Ferry Toar bersama Marcel, mewakili Dinas Kesehatan Hadir Sekretaris Frely Turangan dan Kabid Rein Koleangan, Kepala-kepala Puskesmas, HukumTua Motoling Satu, dan para Mahasiswa Profesi Ners Unsrat.     (Hengly/TI)*