Dandes 2018 Tahap Satu Desa Tambelang, Kerjakan Berbagai Infrastruktur Desa dan Pemberdayaan

by -164 views

Minsel, transparansiindonesia.com — Desa Tambelang, Kecamatan Maesaan terus melaksanakan pembangunan serta pemberdayaan, baik itu pemberdayaan dibidang perempuan maupun generasi muda, melalui dana desa yang merupakan program presiden Jokowi, dalam membangun desa.

HukumTua Desa Tambelang Jendry Mokalu, kepada awak media transparansiindonesia.com dalam wawancaranya mengatakan bahwa untuk dana desa 2018 tahap satu, yakni sebesar 160-an juta, ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan yakni dibidang pembangunan dan pemberdayaan, untuk bidang pembangunan ada beberapa item yang dikerjakan yakni pembuatan jalan setapak dengan lebar dua meter, pembuatan drainase, talud dan serta ada kegiatan pemberdayaan dibidang PKK yakni pemanfaatan lahan pekarangan untuk ditanami dapur hidup.

“Melalui dana desa tahap satu ditahun 2018 ini kita mengerjakan tiga item dibidang pembangunan desa, yang kesemuanya saat ini hampir rampung pengerjaannya, seperti pembiatan drainase, talud, serta jembatan atau jalan setapak, dikatakan jembatan karena dibawah jalan setapak ini ada saluran air yang kurang lebih 30 Meter, sedangkan untuk jalan setapak yang kita buat kurang lebih 45 Meter dengan lebar 2 Meter.” kata Mokalu.

Baca juga:  Dihadiri Ribuan Warga, Perayaan HUT ke-51 Bupati Tetty Paruntu Berlangsung Meriah dan Spektakuler

Mokalu pun mengatakan bahwa semua kegiatan sudah sesuai dengan APBDes, dan melalui aspirasi masyarakat dalam kegiatan musyawarah desa beberapa waktu lalu, dimana masyarakat memprioritaskan pembangunan dalam desa seperti pembuatan jalan setapak ini, drainase dan talud.

Sementara itu untuk kegiatan pemberdayaan, ada beberapa kegiatan salah satunya kegiatan pemberdayaan oleh PKK Desa dalam rangka pemanfaatan lahan pekarangan untuk ditanami dapur hidup, yang tentunya sangat menguntungkan bagi para keluarga, dan masyarakat pada umumnya.

“Segala kegiatan yang didanai oleh Dandes tahap satu 2018, semuanya sudah hampir rampung, dan tinggal menunggu penncairan untuk tahap dua yang tentunya terlebih dahulu harus melaporkan LPJ tahap satu.

Baca juga:  Hasil Pleno Penetapan DPT oleh KPU Minsel, DPT Minsel Berjumlah 167.820 Pemilih

” Terima kasih kepada seluruh jajaran perangkat Desa, TPK, BPD dan seluruh masyarakat Desa Tambelang yang terus mendukung program-program pembangunan didesa, untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.” pungkasnya.

Dalam wawancara tersebut, HukumTua Jendry Mokalu juga mengatakan bahwa untuk desa Tambelang telah dilaksanakan pemilihan anggota BPD, yang langsung ditangani oleh panitia pemilihan, dengan jumlah anggota yang terpilih sebanyak 9 orang, disesuaikan dengan jumlah jiwa desa tersebut yang sudah mencapai 2000-an jiwa, dan pelaksanaan pemilihan BPD tersebut sudah sesuai dengan juknis pemilihan BPD.

(Hengly/TI)*