Bupati Tetty Paruntu Ajak dan Dorong Petani Minsel Bentuk Kelompok Tani

by -274 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Bupati Minahasa Selatan, DR.Christiany Eugenia Paruntu SE, mengajak dan mendorong para petani Minahasa Selatan, untuk membentuk kelompok tani, guna kesejahteraan petani Minahasa Selatan, melalui beberapa program pemerintah yang memudahkan petani dalam mengolah pertanian.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Minsel, Franky Pasla SE.MSi kepada awak media transparansiindonesia.co.id dalam kegiatan pengukuhan kelompok tani di Kecamatan Modoinding, pada Kamis 4 Oktober 2018.

Pasla pun menambahkan bahwa untuk memudahkan para petani dalam mengurus pembentukan kelompok tani semuanya gratis dan tidak dipungut biaya apapun. “Dalam mengurus pembentukan kelompok tani, tidak dipungut biaya, kalaupun ada yang meminta biaya dalam mengurua pembentukan kelompok tani, lapor kepada saya,” tegas Pasla.


Hal tersebut dilakukan untuk semakin memotivasi para petani untuk giat menanam, dengan melalui kelompok-kelompok tani yang ada, dan mewujudkan Minsel swasembada pangan, untuk itu Bupati Tetty Paruntu melalui kadis Pertanian Franky Pasla mengajak masyarakat Minsel untuk semangat menanam, agar sejahtera di kemudian.

Baca juga:  Ketua DPD 1 Golkar Sulut, Tetty Paruntu Hadiri Perayaan Pengucapan Syukur Desa Poopo Barat

Dalam giat di kecamatan Modoinding tersebut, Franky Pasla selaku Kadis Pertanian Minsel, mengukuhkan Dua Kelompok Tani yang ada di Modoinding yakni Kelompok Tani ‘Surya Tani’ dari Desa Linelean dan Kelompok Tani ‘Modoinding Jaya’ dari Desa Kakenturan Barat. Setelah dikukuhkan Franky Pasla berharap agar keberadaan kelompok tani ini dapat menjadi wadah dalam mensejahterakan para petani dan para anggota kelompok tani tersebut.

Sementara itu Kabid Penyuluhan Distanak Minsel Verby Rumintjap, menyampaikan agar para petani selalu berkoordinasi dengan para penyuluh pertanian yang ada, bila mendapat kesulitan atau mau bertanya mengenai masalah pertanian. “Fungsikan penyuluh yang ada, selalu berkoordinasi dengan mereka (penyuluh -red), bila menemui kesulitan atau masalah dalam bercocok tanam” kata Verby Rumintjap.

Baca juga:  Optimalisasi SDM Guna Menunjang Modernisasi Pertanian, Distan Minsel Laksanakan Pelatihan Operator Alsintan

Sementara Kepala BPP Modonding Renly Liow mengucapkan terima kasih kepada Tim Distanak Minsel yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Franky Pasla SE.MSi, yang boleh hadir dan mengukuhkan dua kelompok tani di kecamatan Modoinding, dengan harapan keberadaan kelompok tani ini dapat menjadi pelopor dan teladan bagi kelompok tani yang lainnya.

Hadir dalam kegiatan pengukuhan tersebut, Kadis Pertanian Franky Pasla, Kabid Penyuluhan Verby Rumintjap bersama staf Distanak Minsel, Kadis Pariwisata Frengky Toar, Kepala BPP Modoinding Renly Liow, bersama Staf BPP, serta para KSB dan anggota Kelompok Tani yang dikukuhkan.

(Hengly)*