Komitmen Pemerintah Desa Sion, Tingkatkan Roda Perekonomian Masyarakat Melalui Dana Desa

by -420 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id — Pemerintah Desa Sion, Kecamatan Tompasobaru, terus berkomitmen melaksanakan pembangunan baik fisik non fisik melalui anggaran Dana Desa (Dandes), dimana guna mendorong peningkatan roda perekonomian masyarakat.

Untuk tahun 2019 ini, Desa Sion mendapat alokasi dana dari APBN (Dandes) sebesar Rp.1.090.228.000 dan Untuk ADD Desa Sion mendapatkan Dana sebesar Rp.361.420.000, dan juga ada Swadaya sebesar Rp.50.000.000, jadi itulah pendapatan dari Desa Sion, untuk tahun 2019, yang nantinya akan dibelanjakan sesuai dengan kebutuhan dan keperluan sebagaimana tertera dalam APBDes Sion.


HukumTua Desa Sion, Stenli Pantow SP mengatakan bahwa Adapun kegiatan fisik yang nantinya akan dikerjakan melalui anggaran dana desa adalah Rabat Beton jalan kebun yang ada di tiga lokasi, lampu penerangan jalan, pembuatan plat Diuker (Bois), Jaringan air bersih, pengelolaan Posyandu, dan Honor Guru PAUD.

Baca juga:  Bupati CEP; "Totalitas dan Loyalitas Harus Lebih Ditingkatkan"

“Dalam rangka peningkatan roda perekonomian Desa, jalan kebun akan kita Rabat Beton, guna kelancaran hasil produksi pertanian dan perkebunan dari masyarakat, yang nantinya akan mengurangi biaya produksi dari masyarakat, selain itu juga ada beberapa kegiatan pembangunan Desa lainnya,” kata Stenli Pantow.

Selain kegiatan Pembangunan Desa, ada juga kegiatan-kegiatan pemberdayaan kemasyarakatan, yang dianggarkan seperti Pelatihan-pelatihan, Bimtek Aparatur Desa, Bimtek Karang Taruna, dan kegiatan pemberdayaan lainnya.

“Guna meningkatkan aparatur penerintahan desa, kita juga menganggarkan kegiatan pelatihan dan bimtek, serta kegiatan pemberdayaan lainnya, disamping itu juga, untuk semakin lebih actionnya BUMDes, kita adakan penyertaan Modal untuk BUMDes Sion,” tambah HukumTua Desa Sion.

Baca juga:  Dipimpin Kasat Henri Palit, Satpol-PP dan Damkar Minsel Lakukan Bersih-bersih Sampah

Yang patut diapresiasi dari HukumTua Stenli Pantow, yakni keterbukaan informasi, dimana mengatakan apabila ada keluhan dari masyarakat, mengenai pengelolaan dana desa, maupun keuangan desa, ia menyarankan silakan menghubungi HukumTua atau Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Dana Desa.

HukumTua Stenli Pantow, dalam kegiatan pembangunan di Desa Sion, sangat mengharapkan dukungan dan support dari masyarakat untuk kelancaran pembangunan di desa Sion, baik itu kegiatan pembangunan infrastruktur desa, maupun peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia masyarakat Desa Sion.

Sebelumnya juga sebelum pengerjaan fisik dana desa dimulai diawali dengan ibadah peletakan batu pertama, pembangunan yang didanai melalui dana desa.

(Hengly)*