Semangat Membangun Desa, Pembangunan di Desa Mokobang Melalui Dandes 2019 Dimulai

Minsel64 Dilihat

Minsel, transparansiindonesia.co.id — Program Presiden Republik Indonesia, melalui Dana Desa, benar-benar dirasakan oleh warga masyarakat, dimana melalui program tersebut, peningkatan pembangunan yang ada di Desa-desa, mengalami kemajuan yang signifikan, bukan saja dari segi pembangunan infrastruktur, tapi juga dari segi pembangunan Kualitas Sumber Daya Manusia.

Salah satu Desa yang sangat merasakan program Dana Desa tersebut, adalah Desa Mokobang, Kecamatan Modoinding, dengan adanya program Dandes, pembangunan di Desa tersebut mengalami peningkatan.

Mengawali kegiatan pengerjaan pembangunan di Desa Mokobang melalui anggaran Dana Desa dan ADD untuk tahun anggaran 2019, diawali dengan peletakan batu pertama untuk pengerjaan Pavinisasi, dimana Ibadah tersebut dipimpin oleh Pdt.Jefry Mantik STh, yang kegiatannya dilaksanakan pada Selasa, 4 Juni 2019, dilokasi jalan Roring, Desa Mokobang.


Dan untuk tahun anggaran 2019 ini, Desa Mokobang beberapa item kegiatan pembangunan Desa sudah tertata0 dalam APBDes Mokobang diantaranya, Pavinisasi, pembuatan Talud, Drainase, Pembuatan Gorong-gorong, Drainase Lapangan Olahraga, dan kegiatan pembangunan lainnya sesuai yang tertata dalam APBDes.

Baca juga:  Desa Kinamang Galang Bantuan Bagi Korban Bencana Gempa Palu dan Donggala

Begitu juga untuk bidang kegiatan pemberdayaan Masyarakat, ada beberapa kegiatan dalam rangka peningkatan kapasitas HukumTua, BPD, perangkat Desa maupun Tim Penggerak PKK.

HukumTua Desa Mokobang, Wiklif Maindoka mengatakan bahwa komitmen Pemerintah Desa meningkatkan pembangunan di Desa Mokobang, menjadi komitmen pemerintah Desa, guna kesejahtraan masyarakat desa, melalui pembangunan infrastruktur dan pembangunan kualitas sumber daya manusia.

Bidang kegiatan pemerintahan Desa juga tertata dalam APBDes Mokobang tahun anggaran 2019, yang diantaranya memuat Siltap HukumTua, Siltap Perangkat Desa, dan Tunjangan BPD, serta operasional pemerintaham Desa.

Wiklif Maindoka mengatakan bahwa apa yang tertuang dalam APBDes merupakan hasil kesepakatan dalam Musyawarah Desa, yang telah dilaksanakan, dan itu semua untuk kemajuan dan peningkatan pembangunan di Desa Mokobang.

Baca juga:  Tim Relawan Pendata SDGs Mokobang Ikuti Pembekalan

Penyerapan tenaga kerja bagi warga masyarakat Desa, juga menjadi prioritas dalam pengerjaan pembangunan di Desa Mokobang, sebagaimana tujuan dalam Dana Desa, yakni untuk kesejahteraan dan peningkatan roda perekonomian masyarakat.

“Kita berkomitmen untuk melalui Dana Desa dan ADD, kita tingkatakan pembangunan di segala bidang yang ada di Desa Mokobang, dan itu sesuai dengan yang tertata dalam APBDes Mokobang tahun 2019,” jelas Wiklif Maindoka.

Ia pun mengatakan peran serta masyarakat, dalam menunjang dan mendukung program kerja dari Pemerintah Desa, menjadi salah satu faktor penting, terlaksananya pembangunan Desa Mokobang yang terus berkelanjutan.

“Saya harapkan peran serta dari elemen masyarakat dalam mendukung program kerja jajaran pemerintah desa, untuk terus meningkatkan program pembangunan desa Mokobang yang berkelanjutan, mari sama-sama kita saling bekerja sama, dalam semangat Membangun Desa,” ajak Wilkif Maindoka.

(Hengly)*