Festival Merah Putih Cakung Barat akan Dijadikan Agenda Rutin

DKI Jakarta40 Dilihat

Jakarta, transparansiindonesia.co.id — Warga Cakung Barat Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, dengan penuh semangat merayakan Festival Merah Putih dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Prokalmasi Kemerdekaan Republik Indonesia, yang dilaksanakan di Jalan Tipar Cakung Pool PPD, pada Sabtu 24 Agustus 2019.

Dengan mengusung tema ‘Colour Healthy Walk’ kegiatan Festival tersebut diawali dengan jalan sehat.
Camat Cakung Barat Ahmad Salahuddin melepas langsung peserta jalan sehat yang diikuti oleh sebanyak 1.210 peserta tersebut, yang terdiri dari berbagai lapisan masyarakat, yang ada di Kelurahan Cakung Barat.

Jarak sekitar 10 Kilometer berhasil ditempuh oleh peserta jalan sehat, dengan melintasi Jalan Tipar Cakung Pool PPD menuju jalan Gang Benteng, kemudian mengarah kembali ke Jalan Tipar Cakung Pool PPD.

Festival Merah Putih Cakung Barat, selain kegiatan jalan sehat tersebut, juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan lomba diantaranya lomba menghias Tumpeng, lomba Seni Tari, tarik tambang dan berbagai lomba lainnya, ada juga kegiatan doorprize, serta diramaikan dengan kehadiran berbagai Stand Bazar program kewirausahaan Terpadu (PKT) Kelurahan Cakung Barat.

Baca juga:  Pidato Menteri Pendidikan di Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023

Ridwan Dulhadi selaku Lurah Cakung Barat, dalam sambutannya mengatakan dengan adanya Festival Merah Putih ini, diharapkannya akan menjadi momentum dalam meningkatkan sangat kebangsaan, memupuk dan meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan warga Cakung Barat, dengan mengisi Kemerdekaan dengan hal-hal yang positif, kreatif, berbudaya dan penuh Inovasi.

“Diharapkan kegiatan Festival Merah Putih ini, akan menjadi satu momentum positif bagi kita warga Cakung Barat untuk lebih meningkatkan semangat kebangsaan dan rasa persatuan dan kesatuan, dengan mengisi kemerdekaan dengan melakukan hal-hal yang positif, kreatif, Berbudaya dan berinovasi, sesuai dengan Tema Peringatan HUT RI ke-74 yakni ‘SDM Unggul, Indonesia Maju’,” kata Lurah Cakung Barat.

Iapun mengatakan bahwa antusias warga masyarakat dalam berperan aktif untuk kegiatan Festival Merah Putih tersebut begitu besar, sehingga nantinya kegiatan Festival Merah Putih Kelurahan Cakung Barat, akan menjadi agenda rutin yang akan digelar setiap tahun. Dimana melalui moment seperti ini makna dari Kemerdekaan yang terkandung dalam kebhinekaan akan menggambarkan proses keberagaman antar warga Cakung Barat.

Baca juga:  Pesta Demokrasi Di Wilayah RW 010 Cakung Barat Berjalan Baik, Turangan; "Terima Kasih Kepada Semua Pihak"

“Ini akan kita jadikan semangat dalam menyatukan keberagaman antar warga Cakung Barat, dan menjadi bukti bahwa melalui moment seperti ini, kita dapat merasakan bahwa persatuan dan kesatuan adalah diatas segala-galanya,” tambah Ridwan Dulhadi.

Salah satu warga Cakung Barat mengungkapkan bahwa sangat senang dengan adanya kegiatan Festival Merah Putih ini, dan ikut merasakan kemeriahan kegiatan festival tersebut.

Beberapa warga Cakung Barat lainnya juga mengungkapkan hal serupa dan mereka sangat mendukung apabila kegiatan tersebut akan dijadikan agenda rutin oleh pemerintah kelurahan, dimana nantinya juga selain untuk memeriahkan peringatan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, diharapkan akan berimbas pada peningkatan potensi-potensi warga Cakung Barat, seperti pelestarian seni budaya.

(red/T2)*