Hadiri Paripurna DPRD Poso, VGMI; Kerja Sama Eksekutif Dan Legislatif Untuk Wujudkan Poso Maju, Tangguh dan Terdepan

by -67 views

Sulteng, transparansiindonesia.co.id – – Bupati Poso dr. Verna G.M Inkiriwang (VGMI) bersama Wakil Bupati Poso M. Yasin Mangun S.Sos hadiri Rapat Paripurna Penyampaian Pokok-pokok Pikiran DPRD Kabupaten Poso Tahun 2022.

Hadir pada kesempatan tersebut Ketua DPRD Kabupaten Poso Sesi Kristina. D. Mapeda, SH.,MH, Wakil Ketua 1 Semuel Munda, SE, Wakil Ketua 2 Romy S. Alimin, SE, Anggota DPRD Kabupaten Poso, Staf Ahli, Para Kepala OPD Jajaran Pemda Poso, Sekwan bersama staf Sekretariat serta tenaga Ahli Fraksi-Fraksi DPRD Kabupaten Poso serta tamu undangan lainnya.

Acara berlangsung di Banua Pogombo Siwagi Lemba Kabupaten Poso. Senin, 15 Maret 2021.

Penyusunan pokok-pokok pikiran DPRD Kabupaten Poso dilakukan berdasarkan:

1. Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

2. Peraturan Pemerintah nomor 12 Tahun 2018 Tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi, Kabupaten, dan Kota.

3. Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 Tentang Tata Cara Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Perda Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, Serta Tata Cara Perubahan Pembangunan Daerah. Sesuai Pasal 178 Ayat (1) s/d Ayat (7).

4. Peraturan DPRD Kabupaten Poso Nomor 1 Tahun 2019 Tentang Tata Tertib DPRD Kabupaten Poso.

Baca juga:  Curas di Way Kanan, Polsek Pakuan Ratu Ringkus Pelaku Curi Sepeda Motor

Penyusunan Dokumen pokok-pokok pikiran DPRD dimaksudkan sebagai Upaya DPRD Kabupaten Poso dalam mengarahkan dan mengawasi strategi pelaksanaan Program Pembangunan di Kabupaten Poso.

Pokir adalah pokok-pokok pikiran DPRD dari hasil serap aspirasi, termasuk dari hasil reses seluruh Anggota DPRD saat melakukan pertemuan langsung dengan masyarakat pada Daerah pemilihan (DAPIL) masing-masing Anggota DPRD.

Adapun beberapa pokok pikiran strategis sebagai berikut:

1. Bidang Kesehatan
A. Rumah Sakit Umum Daerah Poso,
– Terkait pengembangan infrastruktur RSUD Kabupaten Poso.

B. Pelayanan Dasar Terhadap Kesehatan Masyarakat.
– Terkait pemerataan pelayanan kesehatan dengan pembangunan Rumah Sakit Pratama pada wilayah marjinal seperti Lore Peore.
– Terkait program unggulan daerah sebagaimana misi “Mewujudkan Kualitas Kesehatan Menuju Poso Sehat Icon” Poso Sehat.

2. Bidang Pendidikan
Yakni dengan memperhatikan kurangnya ketersediaan guru dan ruang belajar yang tidak layak pakai di Kabupaten Poso khususnya daerah terpencil.

3. Infrastruktur Dasar
Terkait Perusahaan BUMD (PDAM)
Ketentraman dan ketertiban masyarakat
Dengan mendorong pemerintah untuk meningkatkan komunikasi , koordinasi, dan kerjasama Seluruh pemangku kepentingan dalam mewujudkan kehidupan yang Damai dan Harmoni di Bumi Sintuwu Maroso

4. Mitigasi Bencana dan Lingkungan Hidup
Yakni mendorong pemerintah daerah untuk menyusun konsep mitigasi bencana yang akan menjadi acuan bagi OPD dalam penanganan bencana (lintas sektor).
Penanganan daerah konservasi dan Ruang Terbuka Hijau (Lahan Penyangga).

Baca juga:  GSVL 'Pemkot Manado Segera Operasikan Pasar Kayubulan'

5. Pertanian
Jumlah penduduk Kabupaten Poso yang bergerak pada sektor pertanian sekitar 70%, oleh karenanya DPRD mengusulkan agar Pemda memberi perhatian mengatasi permasalahan-permasalahan pada sektor pertanian.

Paripurna ditutup dengan ramah tamah DPRD Kabupaten Poso bersama Bupati dan Wakil Bupati Poso di RM. Citra Moengko.

“Kami harap kedepan kita dapat bekerjasama dengan baik, kesempatan ini merupakan ajang mempererat kemitraan Kerja untuk Kabupaten Poso kedepan. Ungkap Ketua DPRD Kabupaten Poso.

Bersamaan dengan itu, Bupati Poso mengucapkan terimakasih kepada DPRD atas undangannya beliau berharap kedepannya eksekutif dan legislatif dapat bekerjasama dengan baik mewujudkan Kabupaten Poso Maju, Tangguh dan Terdepan.

“Banyak PR kita bersama yang harus kita kerjakan, tentunya saya harapkan kerjasama yang baik antara DPRD dan Pemerintah Daerah selaku mitra kerja untuk Kabupaten Poso yang Sejahtera”. Ujar Bupati Poso.

Wakil Bupati Poso M. Yasin juga berharap suasana kekeluargaan agar terus terjaga dan mohon dukungan untuk menjalankan agenda kedepannya. (red)**