Pemerintah Pusat Siap Hadirkan Universitas Okmin Di Pegunungan Bintang

by -429 views

Jakarta, transparansiindonesia.co.id – Pemerintah Pusat melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberi dukungan penuh kepada Bupati Pegunungan Bintang, Spei Yan Bidana, ST.,M.Si untuk menghadirkan sebuah Perguruan Tinggi berkualitas, Universitas Okmin, di kota Oksibil, ibukota kabupaten Pegunungan Bintang, Papua yang diperuntukkan bagi anak-anak Pegunungan Bintang.

Dukungan dari pemerintah pusat atas rencana pembangunan Universitas Okmin di kota Oksibil tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti), Prof. Ir. Nizam, M.Sc.,DIC.,Ph.D saat menerima kunjungan kerja rombongan Bupati Pegunungan Bintang di Jakarta baru-baru ini (19/4), yang juga disiarkan perdana dalam situs berita lokal Pemkab Pegubin/Papua Okmin TV yang diterima Transparansi Indonesia (21/4) di Jakarta.

“Niat baik dari pak Bupati untuk membangun Universitas Okmin di kabupaten Pegunungan Bintang ini adalah sebuah langkah maju dan sangat positif yang perlu didukung oleh pemerintah pusat untuk mengejar ketertinggalan sumber daya manusia”, ujar Prof. Nizam.

Baca juga:  Sonya Selviana Kembuaan(SSK) dan Politik Akomodatif di Pilwako Manado 9 Desember 2020

Ia menjelaskan bahwa pihaknya bersama Bupati Pegunungan Bintang akan berkolaborasi untuk mempercepat proses perizinan atas rencana pembangunan kampus Okmin di kota Oksibil tersebut, sekaligus memastikan bahwa hadirnya Universitas Okmin di kabupaten Pegunungan Bintang nantinya untuk menjamin tersedianya pendidikan yang berkualitas di daerah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Papua Nugini tersebut.

Adapun program pendidikan yang akan dihadirkan disana, kata Prof. Nizam akan diselaraskan dengan apa yang dibutuhkan oleh anak-anak Pegunungan Bintang disana.

“Pengembangan sumber daya manusia di Pegunungan Bintang harus kita percepat dan perkuat, jadi kita harus menghadirkan pendidikan yang berkualitas sejak dini sampai dengan perguruan tinggi, dan tentu semangat dari pak Bupati untuk mengembangkan pendidikan yang berkualitas di Pegunungan Bintang sangat baik dan kita dukung, dan apa yang akan kita selenggarakan disana adalah program studi yang berkualitas yang akan dibutuhkan oleh anak-anak kita semua disana”, terang Dirjen Dikti Prof. Nizam.

Baca juga:  Kunjungan Kerja Dandim 0427/Way Kanan Ke Koramil 05/Banjit

Bupati kabupaten Pegunungan Bintang, Spei Yan Bidana, ST.,M.Si dalam pertemuan tersebut menyampaikan rasa terimakasihnya karena pemerintah pusat telah menyambut baik dan mendukung rencana pemerintah kabupaten Pegunungan Bintang yang dinakhodainya bersama Wakil Bupati Piter Kalakmabin, A.Md untuk memajukan dunia pendidikan dengan hadirnya Universitas Okmin di daerah tersebut.

“Universitas ini hadir untuk menjawab ketertinggalan demi memajukan dan menjamin kualitas pendidikan di kabupaten Pegunungan Bintang, jadi untuk hal-hal teknis lainnya akan diselaraskan kemudian dengan peraturan perundang-undangan yang ada”, ujar Bupati Spei Yan Bidana, ST.,M.Si diwartakan Transparansi Indonesia.

Editor: Alexius Bannetondok