Upaya Atasi Permasalahan Banjir, Dinas PUPR Manado Lakukan Pengerukan Sungai Tikala

by -13 views

Manado, transparansiindonesia.co.id – Pemerintah Kota Manado, secara bertahap terus melakukan pembenahan dalam upaya mengatasi permasalahan banjir di Kota Manado.

Melalui Dinas PUPR, yang dipimpin oleh Kepala Dinas John Suwu, seakan tak kenal lelah terus melakukan pengerjaan dengan melakukan pengerukan sungai yang melintasi kawasan Kota Manado.

Permasalahan banjir di Kota Manado, terus saja menghantui warga bila musim hujan tiba, dan salah satu upaya dalam rangka mengatasi banjir adalah melakukan pengerukan sungai.

Senin 2 Juli 2021, Dinas PUPR Kota Manado, yang dipimpin langsung Kepala Dinas John Suwu, dengan mengerahkan beberapa alat berat yakni 4 alat Excavator berukuran besar dan 3 Excavator berukuran kecil diturunkan untuk melakukan pengerukan sungai Tikala.

Baca juga:  GSVL-Mor Hadiri Puncak Acara Bulan Bhakti Gotong Royong dan Hari Kesatuan Gerak PKK
Kadis PUPR John Suwu menegaskan pengerukan dilakukan dengan terlebih dahulu melewati kajian dan perhitungan matang menggunakan alat electronic total station. Sehingga dapat ditentukan berapa kedalaman yang harus dikeruk.

“Hari ini dilakukan normalisasi anak sungai dengan cara pengerukan menggunakan 4 alat berat. Pengerukan dilakukan agar memperbesar dimensi sungai sehingga nantinya dapat menampung lebih banyak debit atau volume air, ” ujarnya.

Dia melanjutkan, sesuai arahan Walikota pihaknya akan menggenjot pengerukan anak sungai Tikala dan diupayakan dalam minggu ini sudah selesai.

“Kita upayakan minggu ini selesai. Dan kedepan kita bisa lihat hasilnya. Ini kita lakukan untuk meminimalisir terjadinya luapan air di sekitar anak sungai Tikala,” imbuh Kadis low profile ini.

Baca juga:  Pelaku Penembak Mobil di Wenang, Diamankan Polresta Manado

Kedepan pihaknya berencana melakukan pelebaran di area anak sungai Tikala.

“Kita upayakan pelebaran, menunggu APBD-P, kita akan lakukan. Saat ini apa yang kita kerjakan secara swakelola,” ungkapnya. (***)