Pemdes Kinalawiran Salurkan BLT-DD Bulan ke-4 Kepada 129 KPM

by -107 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Pemerintah Desa Kinalawiran, Kecamatan Tompasobaru dalam upaya membantu warga masyarakat ditengah pandemi saat ini, menyalurkan bantuan kepada warga masyarakat yang anggarannya bersumber dari APBN.

Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), adalah salah satu jenis bantuan sosial, yang anggarannya bersumber dari dana desa (APBN), yang diperuntukkan bagi masyarakat atau keluarga yang benar-benar layak mendapatkan bantuan sesuaiw dengan hasil musyawarah desa penetapan KPM BLT-DD, yang dimana hasil keputusan Musdes tersebut dituangkan dalam Perkades tentang Penetapan KPM BLT-DD.

Salah satu desa yang, menyalurkan bantuan langsung tunai dana desa, kepada warga masyarakat adalah desa Kinalawiran, Kecamatan Tompasobaru.

Penyaluran BLT-DD, oleh Pemdes Kinalawiran, yang didampingi oleh unsur Forkopimca Tompasobaru yakni Camat Drs.Jemmy Loa, Kapolsek Tompasobaru Iptu Jeffry Mailensun, Danramil 1302-18 Tompasobaru Letda.Inf Adri Kandowangko, serta pendamping lokal desa, dan pendamping teknis dan pendamping pemberdayaan kecamatan.

Penyaluran BLT-DD dari Pemdes Kinalawiran yang dilaksanakan pada Rabu, 3 Agustus 2021, sebagaimana disampaikan oleh Penjabat HukumTua Desa Kinalawiran Romel Walingkas SE, adalah penyaluran BLT-DD untuk bulan ke-4 atau bulan April.

Baca juga:  Manfaatkan Waktu Reses, Steva Waleleng Serap Aspirasi Warga di Tiga Desa

Penjabat HukumTua Romel Walingkas SE mengatakan bahwa untuk penyaluran BLT-DD bulan ke-4, di desa Kinalawiran ada sebanyak 129 KPM yang menerima bantuan, dan penyalurannya dilakuy secara door to door, yakni pemerintah desa bersama unsur Forkopimca dan pendamping desa, menyalurkan BLT-DD langsung ke rumah-rumah KPM.

Penyaluran dilakukan secara door to door, dimaksudkan agar tidak terjadi kerumunan masyarakat dalam proses penyaluran BLT-DD, guna menghindari terjadinya penyebaran Covid-19.

Dikatakanya pula bahwa untuk KPM BLT-DD dibulan April ini atau bulan ke-empat, ada ketambahan satu (1) KPM dimana sebelumnya hingga bulan ke-3 ada 128 KPM, dan penambahan 1 KPM BLT-DD tersebut telah melalui musyawarah desa khusus penambahan KPM BLT-DD.

Disampaikannya kepada para KPM BLT-DD, agar dapat menggunakan dan memanfaatkan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya, pergunakan sesuai kebutuhan, karena BLT-DD ditahun anggaran 2021 ini adalah tujuannya yakni pemulihan ekonomi masyarakat.

Baca juga:  Koramil 1302/18 Tompasobaru, Gelar Komsos Bersama Komponen Masyarakat

Selain dianggarkan untuk Penyaluran BLT-DD kepada KPM, untuk anggaran dana desa Kinalawiran tahun 2021, oleh Pemdes Kinalawiran juga menganggarkan beberapa kegiatan, dimana salah satunya yang telah terealisasi adalah dibidang pembangunan desa yakni pembangunan drainase yang menelan anggaran Dandes sebesar Rp.89.993.000 (sudah termasuk pajak), dengan volume panjang 146 meter.

Ada pula kegiatan lain yang telah dilaksanakan, yang dibiayai melalui dana desa, seperti pendataan SDGs, peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan desa, kegiatan posyandu, dan penanganan Covid-19.

Penjabat HukumTua Romel Walingkas, mengajak kepada masyarakat, untuk bersama mendukung dan mensuport program pemerintah, dalam rangka peningkatan pembangunan yang ada didesa baik itu pembangunan infrastruktur desa maupun pembangunan sumber daya manusia.

Ia pun terus mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, sebagaimana surat edaran dari Bupati Minahasa tentang percepatan pengananan Covid-19 di Kabupaten Minahasa Selatan, maka dari itu masyarakat harus patuh dan disiplin menerapkan protokol kesehatan. (Hengly)*