Bermanfaat Dan Tepat Sasaran, Pengelolaan Dandes Sion Tahun 2021

by -6 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Dampak pandemi Covid-19 saat ini, tentunya berpengaruh diberbagai sektor bidang kehidupan manusia, salah satunya disektor perekonomian, dimana dampak dari PPKM yang diberlakukan, sangat berpengaruh pada tingkat pendapatan ekonomi keluarga.

Salah satu upaya pemerintah, menanggulangi dampak dari pandemi disektor perekonomian terlebih mengenai pendapatan ekonomi keluarga, maka pemerintah memberikan berbagai jenis bantuan, yang dimana salah satunya adalah Bantuan Langsung Tunai yang bersumber dari Dana Desa (BLT-DD).

Salah satu Desa yang menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa adalah Desa Sion Kecamatan Tompasobaru, yang melalui anggaran dana desa mengalokasikan dana untuk BLT-DD yang disalurkan kepada para Keluarga Penerima Manfaat.

Dan salah satu langkah bijak, cepat dan patut diapresiasi kepada jajaran Pemerintah Desa Sion dimana, untuk penyaluran BLT-DD, Pemdes Sion telah menyalurkan hingga bulan ke-9 atau bulan September.

Baca juga:  Bersama PMI Minsel, Pemdes Raanan Lama Lakukan Penyemprotan Disinfektan Guna Cegah Penyebaran Covid-19

Sebagaimana disampaikan oleh Penjabat HukumTua Desa Sion Nancy Feibe Tangkere bahwa pada Senin 20 September 2021, telah menyalurkan BLT-DD bulan ke-9 kepada sebanyak 39 Keluarga Penerima Manfaat.

“Untuk penyaluran BLT-DD, kita pihak pemdes Sion telah menyalurkan hingga bulan ke-9 atau bulan September dimana ada sebanyak 39 KPM yang menerima manfaat dari bantuan yang anggarannya bersumber dari dana desa tersebut,” kata Nancy Feibe Tangkere.

Dikatakan Penjabat HukumTua Nancy Feibe Tangkere bahwa jumlah KPM Desa Sion ditetapkan melalui musyawarah desa bersama dengan BPD yang kemudian hasil musdes penetapan KPM BLT-DD dituangkan dalam Perkades Sion tahun 2021.

Kepada para KPM BLT-DD, selaku penjabat HukumTua ia mengingatkan agar bantuan tersebut dapat digunakan dengan sebaik-baiknya, pergunakan sesuai dengan kebutuhan, karena adapun tujuan dari BLT-DD ditahun 2021 ini adalah dalam rangka pemulihan ekonomi masyarakat didalamnya diharapkan dapat berdampak pada peningkatan pendapatan ekonomi keluarga.

Baca juga:  Wabup Wongkar Serahkan Bantuan Kepada Beberapa Kelompok Nelayan di Tumpaan

Sebelum dilaksanakan penyaluran BLT-DD bulan ke-9 kepada 39 KPM, Pemdes Sion juga telah menggelar ibadah peletakan batu pertama pembangunan infrastruktur desa, dimana untuk bidang pembangunan desa akan dikerjakan beberapa item seperti pengerjaan drainase, pengerjaan talud, dan pengerjaan pembuatan gorong-gorong (Plat Duiker).

Untuk anggaran dana desa Sion tahun 2021, dialokasikan untuk berbagai kegiatan pembangunan baik itu pembangunan infrastruktur desa maupun pembangunan sumber daya manusia.

Selain dialokasikan untuk BLT-DD dan bidang pembangunan desa, anggaran dana desa Sion, juga dialokasikan untuk kegiatan pelatihan, peningkatan kapasitas, penanganan Covid-19, kegiatan pendataan SDGs, dan kegiatan lainnya.

Hadir dalam penyaluran BLT-DD bulan ke-9 kepada 39 KPM Desa Sion diantaranya Camat Tompasobaru Veldy Keintjem, BPD, pendamping desa, PLD, dan jajaran Pemdes Sion. (Hengly)*