Kamang; Ubah Prilaku Negatif, Stop Buang Sampah Sembarangan

by -37 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Wujud nyata tindak lanjut pemerintah terkait sampah-sampah yang ada di jalan raya Kumelembuai- Motoling, maka Pemerintah Kecamatan Kumelembuai bersama dengan pemerintah desa se-Kumelembuai Raya, melaksanakan giat kerja bakti.

Kerja Bakti dalam rangka membersihkan sampah yang ada di lokasi yang dikenal dengan Tewalen tersebut, dilaksanakan pada Jumat 19 November 2021, dipimpin langsung oleh Camat Kumelembuai Michael ‘Kamang’ Waworuntu SSTP, bersama dengan para HukumTua dari empat desa serta para jajaran perangkat desa.

Pembersihan sampah-sampah yang berserakan ditepi jalan bahkan ada sampah yang dibuang oleh orang tak bertanggung jawab berada dibadan jalan sehingga sangat mengganggu pengguna jalan lainnya, dilakukan dengan cara sampah-sampah dibakar, serta langsung dipampang baliho untuk mengajak masyarakat tidak membuang sampah dilokasi tersebut.

Camat Kumelembuai Michael ‘Kamang’ Waworuntu mengatakan bahwa giat kerja bakti tersebut dilaksanakan sebagai tindak lanjut melihat keadaan di lokasi tersebut (Tewalen -red) dipenuhi dengan berbagai jenis sampah yang dibuang oleh orang-orang tak bertanggung jawab, yang tak memahami bagaimana memelihara dan menciptakan keindahan alam dan lingkungan.

Baca juga:  Tandaju Gantikan Lokas Jabat Camat Modoinding

“Kami selaku pemerintah kecamatan Kumelembuai bersama Pemerintah Desa se-Kumelembuai Raya atas nama Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan Bupati Pak Franky Donny Wongkar SH dan Wakil Bupati Pak Pdt Petra Yanni Rembang MTh, menghimbau bahkan dengan tegas menyampaikan kepada warga masyarakat baik itu warga Kecamatan Kumelembuai maupun warga diluar Kecamatan Kumelembuai, sebagai pengguna jalan yang melintasi lokasi Tewalen tersebut, untuk tidak membuang sampah-sampah di lokasi Tewalen, karena orang yang membuang sampah bukan pada tempatnya atau buang sampah sembarangan adalah prilaku orang tak bertanggung jawab,” kata Camat Michael Waworuntu.

Ia pun mengajak kepada para masyarakat yang sering membuang sampah dilokasi tersebut, untuk segera menghentikan membuang sampah di lokasi Tewalen, apalagi sudah ada baliho dilokasi tersebut yang mengajarkan masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Marilah kita menjaga kebersihan dan keindahan alam dan lingkungan, bersahabatlah dengan alam, agar alam pun mau bersahabat dengan kita, intinya stop buang sampah di lokasi Tewalen, karena sampah-sampah yang ada dilokasi Tewalen tersebut sangat menganggu keindahan alam serta pula, oleh karena bau aroma yang tak sedap, juga sangat menganggu pengguna jalan,” tambah Camat Kamang.

Baca juga:  Michael Waworuntu Wujudkan Komitmen Kerja Dengan Kedisplinan

Disampaikan Camat Kamang pula kepada mereka masyarakat maupun orang-orang tak bertanggung jawab yang sering membuang sampahnya sembarangan, untuk segera sadar ubah karekater dan prilaku yang tidak baik dengan segera menghentikan sifat egois membuang sampah disembarang tempat, apalagi prilaku negatif membuang sampah sembarangan sangat merusak keindahan, kebersihan dan lebih terutama kelestarian lingkungan hidup.

Usai giat kerja bakti, ia pun memberikan apresiasi dan berterima kasih kepada para HukumTua yang ada di Kumelembuai Raya bersama dengan jajaran perangkat desa yang ada, yang telah dengan respon cepat berpatisipasi aktif dalam kegiatan kerja bakti pembersihan sampah-sampah dilokasi Tewalen. (Hengly)*