Pemdes Tambelang Salurkan BLT-DD Triwulan Ke-II, Mokalu Ingatkan Hal Ini

by -143 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Upaya pemerintah dalam membantu warga masyarakat ditengah pandemi Covid-19 saat ini terus dilakukan, dengan memberikan berbagai jenis bantuan guna pemulihan ekonomi nasional, didalamnya untuk peningkatan roda perekonomian masyarakat.

Dari berbagai jenis bantuan dari pemerintah, selain bantuan berupa PKH dan BPNT, ada juga bantuan yang dianggarkan melalui anggaran dana desa yakni Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) yang diperuntukkan untuk masyarakat pedesaan, sesuai dengan hasil musyawarah desa untuk penetapan jumlah keluarga penerima manfaat BLT-DD.

Ditahun anggaran 2022, aturan dari pemerintah pusat melalui kementerian terkait bahwa setiap Desa yang mendapatkan manfaat anggaran dana desa diwajibkan mengalokasikan anggaran minimal sebesar 40 persen dari pagu dana desa untuk BLT-DD.

Dan salah satu desa yang menerima manfaat anggaran dana desa adalah Desa Tambelang, Kecamatan Maesaan, Kabupaten Minahasa Selatan, dengan jumlah anggaran dana desa tahun 2022 ini berjumlah Rp.869.100.000.

Dan sebagai salah satu desa penerima manfaat bantuan dana desa, tentunya pemerintah desa Tambelang juga mengalokasikan anggaran untuk BLT-DD sebesar Rp.446.000 yang diperuntukkan bagi KPM BLT-DD sebanyak 124 KPM.

Baca juga:  108 KPM Desa Lindangan Terima BLT-DD, Malingkas; Pergunakan Sesuai Kebutuhan

Dimana rinciannya adalah setiap KPM BLT-DD akan menerima uang tunai sebesar Rp.300.000 setiap bulan yang akan disalurkan selama 12 bulan ditahun 2022 ini.

Dan pada Sabtu 9 Juli 2022, merealisasikan bantuan yang bersumber dari anggaran dana desa tersebut kepada masyarakat yang termasuk KPM BLT-DD, maka pemerintah desa Tambelang menyalurkan BLT-DD Triwulan Ke-II kepada sebanyak 124 KPM, dimana penyaluran tersebut juga sebagai tindak lanjut dari penyaluran BLT-DD Triwulan pertama yang telah disalurkan pada beberapa bulan yang lalu.

HukumTua Desa Tambelang Jendry Mokalu mengatakan bahwa , penyaluran tersebut adalah BLT-DD untuk bulan April, Mei dan Juni tahun 2022 (Triwulan Ke-II), dengan jumlah penerima sebanyak 124 KPM, dan pada penyaluran Triwulan Ke-II tersebut setiap KPM menerima uang tunai sebesar Rp.900.000 yang merupakan BLT-DD untuk tiga bulan.

“Hari ini kita salurkan BLT-DD untuk triwulan ke-dua, sebagai tindak lanjut dari penyaluran BLT-DD triwulan pertama yang telah kita laksanakan pada beberapa bulan lalu, ada 124 KPM yang telah ditetapkan menerima bantuan tersebut yang merupakan hasil dari musyawarah desa penetapan jumlah KPM BLT-DD tahun 2022,” kata HukumTua Jendry Mokalu.

Baca juga:  12-Ribuan ASM, Bakal Padati Lapangan Samratulangi Motoling

Kepada para KPM BLT-DD, Jendry Mokalu mengingatkan agar dapat memanfaatkan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya, pergunakan sesuai kebutuhan bukan sesuai dengan keinginan, karena tujuan dari bantuan tersebut adalah guna pemulihan ekonomi nasional, yakni meningkatkan roda perekonomian masyarakat, yang akan berdampak pada peningkatan pendapatan ekonomi keluarga.

“Manfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya, pergunakan sesuai peruntukannya, karena tujuan disalurkan bantuan ini adalah untuk pemulihan ekonomi nasional didalamnya bagiamana meningkatkan roda perekonomian masyarakat pedesaan, yang akan berdampak pada peningkatan pendapatan ekonomi keluarga,” kata Jendry Mokalu.

Begitupun, bagi masyarakat yang termasuk dalam KPM BLT-DD, diingatkannya untuk dapat melakukan vaksinasi sebagai bentuk dari mendukung dan mensupport program pemerintah dalam rangka percepatan penanganan pandemi Covid-19, salah satunya melalui giat percepatan pelaksanaan vaksinasi.

Selain dialokasikan untuk BLT-DD, anggaran dana desa Tambelang tahun 2022, juga dialokasikan untuk ketahanan pangan desa dan penanganan pandemi Covid-19, serta pula kegiatan pemberdayaan masyarakat, kegiatan PKK dan juga bidang pembangunan desa lainnya yang sebagaimana tertuang dalam APBDes Tambelang tahun anggaran 2022.
(Hengly)*