Bupati Labuhanbatu Sosialisasikan Pilkades Serentak 2022

by -57 views

Labuhanbatu, Tranparansi Indonesia.co.id. Bupati Labuhanbatu dr. H. Erik Adtrada Ritonga, MKM., menosialisasikan Pemilihan Kepala Desa Serentak Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa di Ruang Data dan Karya Kantor Bupati, Senin (8/8/2022/).

Bupati mengatakan kita semua mengetahui Labuhanbatu akan melaksanakan pilkades di 40 desa, berarti akan ada seorang pemimpinn yang akan diusung oleh desanya masing-masing. Melalui sosialisasi ini, panitia Kabupaten, panitia kecamatan, dan PJ Kades mendapatkan pemahaman yang baik. Tahapan yang ada di pilkades itu jangan ada yang terlewatkan, untuk itu panitia sangat rentan tanggung jawabnya.

“Pastikan warga yang berhak memilih terdaftar. Kepada para PJ agar didata semua masyarakat yang ada di desa, jangan ada yang terlewatkan, karena kalau ada itu akan menjadi suatu gesekan,” ucap Bupati.

PJ Kades agar mendukung sosialisasi pilkades kepada masyarakat desa, disosialisasikan. Agar calon pemimpin di desa bisa mempersiapkan diri secara baik, sehat, dan jujur.

Baca juga:  Bersama aparatur kampung Tiuh Balak I Babinsa koramil 427-06/baradatu kopda Mahmudiono melaksanakan komsos ke rumah warga

Kepada para Camat yang akan melaksanakan Pilkades, Bupati menambahkan harus memiliki visi dan peran aktif. DPP pemilih jangankan di tingkat desa, di tingkat pilkada atau pilpres pun, DPP menjadi sebuah problem. Camat harus lebih aktif, jangan ada warga yang terlewatkan, tidak mendapat undangan atau tidak bisa memilih. Jika ada gesekan, Camat harus aktif, harus ada di tempat.

Menutup arahannya, Bupati menghimbau untuk sukseskan pilkades secara baik.

“Kita didukung polri, TNI, dan kejaksaan. Kita berharap Kapolsek dan Danramil di wilayah masing masing, untuk tolong jaga kondusifitas di Labuhanbatu. Saya yakin dengan ada nya Camat, Koramil, Polsek, dan PJ Kades, pilkades ini dapat berjalan dengan baik,” ungkap Bupati.

Kepala Dinas PMD Abdi Jaya Pohan, SH. mengatakan bahwa Pilkades ini seyogyanya 2021 dilaksanakan, tapi karena ada Covid dan regulasi yang belum siap, jadi baru dilaksanakan di 2022. Direncanakan akan dilaksanakan Pada tanggal 2 November 2022 di 40 Desa di Kabupaten Labuhanbatu.

Baca juga:  “Kami Mengajak Pewarna Untuk Menerapkan Jurnalisme Multikultural Sehingga Menjaga Keutuhan Negara RI

Adapun yang menjadi dasar hukum pelaksanaan Pilkades adalah UU No 6 Tahun 2014, PP No. 43 Tahun 2014 Tentang Pelaksanaan UU No 6 Tahun 2014, Permendagri No. 72 Tahun 2020, Perda Kabupaten Labuhanbatu Nomor 4 tahun 2022 tentang perubahan kedua atas Perda Kabupaten Labuhanbatu No. 2 Tahun 2015 Tentang Pemilihan Kepala Desa, dan Perbup Labuhanbatu Nomor 33 Tahun 2022 tentang penyelenggaraan Pilkades serentak.

Abdi menambahkan panitia Pemilihan Kades di tingkat Kabupaten terdiri atas Forkopimda, Sekdakab OPD terkait, dan Satgas Covid-19. Sedangkan Sub kepanitiaan di tingkat kecamatan terdiri dari Forkopicam, Satgas Covid-19, dan Unsur-unsur Kecamatan.

“Sosialisasi ini memberikan pemahaman, agar masing masing pihak paham akan tanggung jawabnya,” jelasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Wakil Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd., MM., Panitia Pilkades Labuhanbatu, unsur Forkompimda Labuhanbatu, perwakilan koramil, perwakilan polsek, para Camat, para kepala desa, dan hadirin undangan lainnya.

(Ok.Lubis).