Epdeskel Tingkat Kabupaten Minsel, Desa Linelean Wakili Kecamatan Modoinding

Minsel367 Dilihat

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan melaksanakan evaluasi tingkat perkembangan desa dan kelurahan, yang diikuti oleh desa-desa perwakilan Kecamatan diwilayah Kabupaten Minahasa Selatan.

Setiap Kecamatan diwakili oleh desa yang dianggap dan dinilai terbaik untuk mengikuti evaluasi perkembangan desa dan kelurahan (Epdeskel).

Dan untuk Kecamatan Modoinding, adalah desa Linelean yang mewakili dalam kegiatan Epdeskel tingkat Kabupaten Minahasa Selatan.

Dimana penilaian dari tim Epdeskel kabupaten Minsel untuk desa Linelean dilaksanakan pada Selasa 18 April 2023.

Kegiatan Epdeskel di Kecamatan Modoinding, diawali dengan laporan singkat dari Penjabat HukumTua Desa Linelean Novita Wowor S.Kep, yang menyampaikan laporan mengenai situasi dan keadaan kondisi desa, serta progres pembangunan desa.

Penjabat HukumTua Novita Wowor juga melaporkan mengenai keadaan dan jumlah penduduk, luas wilayah dan potensi-potensi serta inovasi desa.

Desa Linelean memiliki luas wilayah 780 Hektare, jumlah kepala keluarga sebanyak 366 KK dengan jumlah jiwa sebanyak 1.166 jiwa yang tersebar di 6 Jaga Desa Linelean.

Usai laporan dari Penjabat HukumTua Desa Linelean, selanjutnya penyampaian maksud dan tujuan dari dilaksanakan Epdeskel, yang dimana untuk mengetahui sejauh mana tingkat perkembangan desa.

Kegiatan Epdeskel mengacu pada Permendagri nomor 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan, dimana ada tiga bidang yang dilakukan evaluasi yang meliputi bidang kewilayahan, bidang pemerintahan, dan bidang kemasyarakatan.

Baca juga:  Modoinding Membagi Berkat, Karnaval MPF Spektakuler Dan Meriah


Selanjutnya tim Epdeskel kabupaten Minsel turun lapangan melakukan penilaian di lapangan dan juga tim Epdeskel lainnya melakukan evaluasi untuk administrasi desa termasuk laporan dan data-data desa yang ada di sekretariat desa.

Setelah melakukan penilaian dilapangan dan evaluasi terkait profil dan administrasi desa, dilanjutkan dengan evaluasi secara keseluruhan dari masing-masing bidang evaluasi, yakni dari Dinas PMD, TP-PKK, dan dari dinas kesehatan.

Kepala Kecamatan Modoinding Meyer Tigau SIP, menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah dan masyarakat desa Linelean yang telah pro-aktif dalam menghadapi Epdeskel tingkat Kabupaten Minahasa Selatan, dimana Desa Linelean merupakan perwakilan kecamatan Modoinding dalam lomba Epdeskel tingkat Kabupaten Minsel.

Dalam Epdeskel tingkat Kecamatan, yang dilaksanakan beberapa waktu lalu, desa Linelean adalah yang terbaik setelah dilakukan penilaian oleh tim evaluasi tingkat perkembangan desa Kecamatan Modoinding.

“Pemerintah Kecamatan Modoinding berharap agar melalui Epdeskel tingkat Kabupaten Minahasa Selatan ini akan menjadi motivasi bagi desa Linelean dan bahkan desa lainnya diwilayah Kecamatan Modoinding untuk terus berbuat dan berinovasi untuk kemajuan pembangunan yang ada didesa,” kata Camat Meyer Tigau SIP.

Sementara harapan dari Penjabat HukumTua Desa Linelean Novita Wowor yakni dengan keikutsertaan desa Linelean dalam Epdeskel tingkat Kabupaten, berharap akan mendapatkan hasil yang baik dan bisa mewakili Kabupaten Minsel ke Epdeskel tingkat Provinsi Sulawesi Utara.

Baca juga:  CEP-MEP Hadiri Ibadah Pemakaman Alma Meihan Singkoh

“Harapannya, Desa Linelean akan semakin baik, dan melalui kegiatan Epdeskel ini tingkat partisipasi masyarakat akan lebih meningkat dalam upaya mendukung dan mewujudkan program pembangunan yang ada di dalam desa,” ujar Novita Wowor.

Dalam rangkaian Epdeskel tingkat Kabupaten Minsel di Kecamatan Modoinding, dirangkaikan juga dengan penyerahan hadiah dari pemerintah kecamatan Modoinding kepada desa-desa yang mendapatkan nilai tertinggi pada lomba taman paskah antar desa se-Kecamatan Modoinding.

Dimana hasil lomba taman paskah antar desa se-Kecamatan Modoinding adalah sebagai berikut;

1. Juara 1 : Desa Kakenturan
2. Juara 2 : Desa Kakenturan Barat
3. Juara 3 : Desa Kakenturan.

Dan desa Makaaroyen berhak atas trophy bergilir dari Camat Modoinding untuk lomba taman paskah antar desa se-Kecamatan Modoinding.

Hadir dalam kegiatan Epdeskel tersebut diantaranya Ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa Selatan Elsje Rosje Sumual, Ketua-ketua Pokja, Ivonne Rarang, Margo Tawas, bersama pengurus TP-PKK Minsel, Kadis PMD Minsel Efer Poluakan bersama Kabid dan pegawai, perwakilan dinas terkait, unsur Forkopimca Modoinding, para Penjabat HukumTua se-Kecamatan Modoinding, dan perangkat desa dan lembaga desa Linelean.

(Hengly)*